Analisis penguasaan konsep fisika pada pembelajaran discovery learning dengan thingking maps pada materi keseimbangan dan dinamika rotasi kelas XI di SMAN 1 Purwosari / Rendi Indiwara - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penguasaan konsep fisika pada pembelajaran discovery learning dengan thingking maps pada materi keseimbangan dan dinamika rotasi kelas XI di SMAN 1 Purwosari / Rendi Indiwara

Indiwara, Rendi (2016) Analisis penguasaan konsep fisika pada pembelajaran discovery learning dengan thingking maps pada materi keseimbangan dan dinamika rotasi kelas XI di SMAN 1 Purwosari / Rendi Indiwara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indiwara Rendi. 2016. Analisis Penguasaan Konsep Fisika pada Pembelajaran Discovery Learning dengan Thinking Maps pada Materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi Kelas XI di SMAN 1 Purwosari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd (II) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Kata Kunci discovery learning penguasaan konsep fisika thinking maps Model pembelajaran yang inovatif sangat diperlukan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa terutama model pembelajaran inquiry yang menekankan pembelajaran siswa aktif. Model pembelajaran inquiry pada tingkat dasar yaitu discovery learning perlu dipadu dengan instrumen pembelajaran seperti thinking maps agar menjadi model pembelajaran yang inovatif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran discovery learning dengan thinking maps dan mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa yang belajar menggunakan discovery learning dan thinking maps materi keseimbangan dan dinamika rotasi kelas XI SMAN 1 Purwosari. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 3 SMAN 1 Purwosari. Dalam hal ini peneliti sebagai instrumen utama. Data penelitian ini adalah pembelajaran discovery learning dengan thinking maps dan peningkatan penguasaan konsep siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara mendalam dan test. Analisis kualitatif dilakukan dengan coding triangulasi dan display data. Analisis kuantitatif dilakukan dengan paired t-test cohen s d-effect size dan gain ternormalisasi. Hasil penelitian pembelajaran discovery learning dengan thinking maps secara keseluruhan telah berada diatas 80%. Siswa dilatih untuk mengajukan pertanyaan membuat hipotesis dari konsep yang akan dipelajari menguji hipotesis melalui percobaan berdiskusi dengan teman satu kelompok memverifikasi hasil diskusi di kelas melalui presentasi dan menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan. Selain itu siswa membuat thinking maps dengan pemikiran siswa itu sendiri di akhir pembelajaran. Thinking maps yang dibuat oleh siswa sangat bervariasi. Thinking maps yang paling banyak dibuat oleh siswa adalah bubble map sesuai dengan rata-rata tingkat kognitif kelas pada tingkat C3. Hasil perhitungan paired t-test sebesar 11 595 nilai cohen s d-effect size sebesar 2 467 dengan intepetasi lebih besar dari standar dan nilai N-gain sebesar 0 326 dengan intepretasi medium menunjukkan adanya peningkatan penguasaan konsep pada siswa. Siswa dengan tingkat kognitif C2 masih mengulang informasi yang diberikan pada thinking maps yang dibuat. Siswa dengan tingkat kognitif C3 dapat mengembangkan informasi yang diberikan meskipun masih belum terlalu rinci. Siswa dengan tingkat C4 dapat menunjukkan integrasi pengetahuan awal dengan pengetahuan baru. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18699

Actions (login required)

View Item View Item