Pengaruh thinking maps pada pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI materi dinamika rotasi dan keseimbangan benda tegar di SMAN 1 Purwosari / Tri Dariyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh thinking maps pada pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI materi dinamika rotasi dan keseimbangan benda tegar di SMAN 1 Purwosari / Tri Dariyati

Tri, Dariyati (2016) Pengaruh thinking maps pada pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI materi dinamika rotasi dan keseimbangan benda tegar di SMAN 1 Purwosari / Tri Dariyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dariyati Tri. 2016. PengaruhThinking Maps padaPembelajaranDiscovery Learning terhadapKemampuanPemecahanMasalahSiswaKelas XI MateriDinamikaRotasidanKesetimbangan Benda Tegar di SMAN 1 Purwosari. Skripsi JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd (II) Drs. Asim M.Pd. Kata Kunci discovery learning pemecahanmasalah thinking maps Salah satutujuanpembelajaranadalahuntukmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahsiswa. Guru harussenantiasamelatihsiswauntukdapatmemecahkanmasalahdalamsetiap proses pembelajaran. Penelitianinidilaksanakanuntukmemberikangambaranpemanfaatanthinking mapssebagaisuatuinovasipengajaran. Tujuanpenelitianiniadalahmengetahuipengaruhpenggunaanthinking maps padapembelajarandiscovery learning terhadapkemampuanpemecahanmasalahfisikasiswakelas XI SMAN 1 Purwosari. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianposttest only control group design. Populasidalampenelitianiniadalahseluruhkelas XI MIA di SMAN 1 Purwosaritahunpelajaran2015/2016.Sampel yang dipilihadalahkelas XI MIA 5 terdiriatas 38 siswasebagaikelaseksperimendan XI MIA 6sejumlah 40 siswasebagaikelaskontrol. Teknik sampling yang digunakanadalahcluster sampling. Variabelbebasdalampenelitianiniadalahthinking maps danpembelajarandiscovery learning. Sedangkanuntukvariabelterikatadalahkemampuanpemecahanmasalahsiswaterhadapmateripembelajaranrotasibendategar.Dalampenelitianinidigunakanduamacaminstrumen yaituinstrumenperlakuan(Silabus RPP) daninstrumenpengukuran (soalpemecahanmasalah lembarobservasidanpenilaianthinking maps).Dalammengumpulkan data melaluiobservasi lembarketerlaksanaanpembelajaran dokumentasiberupagambarmaupun video danhasilposttest. Setelah data penelitiandidapatkan dilakukanuji t untukmengetahuiperbedaankemampuanpemecahanmasalahpadakeduakelas namunsebelumnyadilakukanujiprasyaratterlebihdahulu yaituujinormalitasdanujihomogenitas. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaan rata rata kemampuanpemecahanmasalahsiswaantarakelaseksperimendankelaskontroldarihasiluji t diperoleh t hitungsebesar 2 923 t tabeldengannilaisignifikansisebesar0 05 sehinggadisimpulkanbahwaterdapatperbedaan yang signifikan rata rata hasilpost test siswaantarakelaseksperimendengankelaskontrol. Kemampuanpemecahanmasalahsiswapadakelaseksperimenlebihtinggidibandingkankelaskontrol. Terlihatdari rata ratahasilpost test siswakelaseksperimenlebihtinggidibandingkandengan rata rata hasilpost test kelaskontrol (66 4 59 2 ) halinimenunjukkanbahwapembelajaranmenggunakanthinking mapsberpengaruhterhadapkemampuanpemecahanmasalahsiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18698

Actions (login required)

View Item View Item