Pengembangan bahan ajar integratif untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa SMA kelas X / Rifqiyatun Nuriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar integratif untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa SMA kelas X / Rifqiyatun Nuriyah

Nuriyah, Rifqiyatun (2016) Pengembangan bahan ajar integratif untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa SMA kelas X / Rifqiyatun Nuriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuriyah Rifqiyatun. 2016. PengembanganBahan Ajar IntegratifUntukMeningkatkanPrestasiBelajarFisika SiswaSMA Kelas X.Skripsi.JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing(I) Drs. AgusSuyudi M.Pd (II) Dr. Edi Supriana M.Si. Kata kunci Bahan Ajar Integratif PrestasiBelajar. Kurikulum 2013 dirancangdengankarakteristikmengembangkansikap pengetahuan danketerampilansertamenerapkannyadalamberbagaisituasi di sekolahdanmasyarakat.Implementasinyapadapembelajaranmensyaratkanadanyapengintegrasiankompetensi yang dikemasdalamsatuanpelajaran. Berdasarkan hasil observasi diperoleh bahan ajar belum memuat aspek sikap pengetahuan dan keterampilan yang ingin dikembangkan siswa dan dalampembelajarannyajarang yang menggunakan video atauanimasi. Selain itu prestasi belajar siswa masih belum memenuhi standar yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan bahan ajar integratif. Penelitian yang akandilakukanmerupakanpenelitianResearch and Development (R D) dengan memilih model pengembangan 4-D (Four D) yaitu 1) Define (Pendefinisian) 2) Design (Perancangan) 3) Develop (Pengembangan) dan 4) Dissemination (Desiminasi). Namun peneliti terbatas sampai tahap Development(Pengembangan).Teknikpengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniadalahangket untuk menguji kelayakan bahan ajar oleh validator (satu dosen fisika dan satu guru bidang studi fisika) serta uji coba terbatas pada siswa (12 siswa SMAN 6 Malang). Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknikperhitungannilaipresentasedanteknikanalisisdeskriptifkualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari validator bahan ajar integratif didapatkan nilai84 25 % yang menunjukkan bahwa bahan ajar sudah cukup layak. Untukkelayakansilabus didapatkan nilai 85 62 % yang menunjukkan bahwa silabus sudah sangat layak. Untukkelayakan RPP didapatkan nilai 87 5 % yang menunjukkan bahwa RPP sudah sangat layak. Sedangkannilai yang diperolehdariuji coba terbatas pada 12 siswa adalah 91 3 % yang menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sudah sangat layak. Bahan ajar ini memiliki kelebihan yaitu memenuhi harapan dari kurikulum 2013 yang disusun dengan mengintegrasikan aspek pengetahuan sikap dan keterampilan sehingga dalam melatih kemampuan pengetahuan dan keterampilan siswa juga dapat mengembangkan sikap ilmiah yang diintegrasikan dalam satu kegiatan belajar mengacupadakurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan ilmiah (Scientific Approach) dan disertai CD pembelajaran yang berisi video animasi sertamind-map sebagai pendukung. Sedangkan kekurangannya penelitian dalam bahan ajar ini hanya sampai pada uji coba terbatas sehingga belum diketahui peningkatan prestasi belajarnya. Oleh karena itu saran dari pengembang untuk peneliti lain adalah melakukan uji coba secara luas dalam bentuk eksperimen dan PTK sehingga dapat dilihat efektivitasnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18697

Actions (login required)

View Item View Item