Analisis kondisi dan pengelolaan laboratorium fisika serta upaya mengatasi keterbatasannya dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri Kabupaten Malang / Demara Balqis - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kondisi dan pengelolaan laboratorium fisika serta upaya mengatasi keterbatasannya dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri Kabupaten Malang / Demara Balqis

Balqis, Demara (2016) Analisis kondisi dan pengelolaan laboratorium fisika serta upaya mengatasi keterbatasannya dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri Kabupaten Malang / Demara Balqis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Balqis Demara. 2016. AnalisisKondisidanPengelolaanLaboratoriumFisikasertaUpayaMengatasiKeterbatasannyadalamPembelajaranFisika di SMA NegeriKabupaten Malang. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Drs. Kadim Masjkur M.Pd (II) Dr. Muhardjito M.S Kata Kunci Kondisidanpengelolaanlaboratorium pembelajaranfisika. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankondisisaranaprasaranadanpengelolaanlaboratorium danmengetahuiupayamengatasiketerbatasanfasilitaslaboratoriumdalampembelajaranfisikapada SMA Negeridi Kabupaten Malang. Penelitianinitermasukpenelitiandeskriptif menggunakangabunganantarapendekatankualitatifdankuantitatif.Populasi target yaitu SMA Negeri di Kabupaten Malang yang memilikiketerbatasanlaboratoriumfisika. Sampel yang diambilyaitu SMA Negeri yang mewakilipopulasiberdasarkanketerwakilanwilayahdanpersebarannya yaituSMA Negeri 1 Bantur SMA Negeri 1 Singosari SMA Negeri 1 Sumberpucung SMA Negeri 1 Tumpang. Tahappenelitianiniterdiriatastahappersiapanpenelitian pelaksanaanlapangan danpenulisanlaporan. Berdasarkanhasilpenelitian gambarankondisisaranaprasaranalaboratoriumberkaitandenganluasruanglaboratorium di sekolahsampelsudahmemenuhistandarluas minimum ruanglaboratorium.Gambaranorganisasidilihatdaritenagalaboratoriumpadakeempat SMAsudahmemilikikepalalaboratoriumdanpada SMANegeri 1 Tumpangjugasudahterdapatlaboran.Secaraumumadministrasilaboratoriumdi keempat SMA Negeri yang ditelitibelumdilakukandenganmaksimal haliniterlihatdarikesesuaianjumlahperalatandanperlengkapandenganPermendiknas No. 24 Tahun 2007.Kesesuaianjumlahperalatanlaboratoriumfisika di SMA Negeri 1 Banturyaitu42 3% SMA Negeri 1 Singosari46 2% SMA Negeri 1 Sumberpucung42 3% SMA Negeri 1 Tumpang38 5%. Kesesuaianjumlahperlengkapan di laboratorium di SMA Negeri 1 Banturyaitu 69 2% SMA Negeri 1 Singosari 69 2% SMA Negeri 1 Sumberpucung 76 9% SMA Negeri 1 Tumpang 46 2%. Diperolehhasilbahwaketerbatasankondisilaboratoriumdisebabkankarenaorganisasidanadministrasilaboratorium yang belumsesuaistandar yang telahditetapkan.Secaraumumupaya gurumengatasiketerbatasanfasilitaslaboratoriumdalampembelajaranfisikadenganmenggunakanberbagaimetodepembelajaran yang disesuaikandengankompetensidasardanketersediaanalatdanbahan di laboratorium.Metodepembelajarankooperatif eksperimen diskusi ceramah dandemonstrasidilakukanuntukmembuatpesertadidikbelajaraktifdanmenerapkanpendekatanilmiah.Upayalainyaitumenggunakan media sederhanaataumelakukanmodifikasialat menampilkanmedia animasi pemberiantugasproyek dantugasportofolio.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18696

Actions (login required)

View Item View Item