Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MAN 3 Malang pada materi alat optik / Fathurrahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MAN 3 Malang pada materi alat optik / Fathurrahman

Fathurrahman (2016) Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MAN 3 Malang pada materi alat optik / Fathurrahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fathurrahman. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MAN 3 Malang pada Materi Alat Optik. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Parno M.Si (2) Drs. Asim M.Pd Kata kunci Problem Based Learning kemampuan berpikir kritis Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis yang dilakukan di MAN 3 Malang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah padahal kemampuan berpikir kritis sangat penting untuk dimiliki oleh siswa agar dapat menghadapi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengeruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPA MAN 3 Malang pada materi alat optik. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan Pretest Posttest Control Group Design.Populasi pada penelitian ini adalah seleuruh kelas X IPA MAN 3 Malang tahun ajaran 2015-2016. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang belajar melalui model Problem Based Learning dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol yang belajar melalui model pembelajaran konvensional dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen perlakuan yang berisisilabus RPP dan LKS dan instrumen pengukuran yang berisilembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan butir soal tes kemampuan berpikir kritis berupa 14 soal uraian. Teknik analisis data menggunakan uji t yang dilanjutkan dengan uji effect size. Berdasarkan hasil uji t thitung 2 96 dengan taraf signifikansi 0 05 lebih besar darittabel 2 dengan taraf signifikansi 0 05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas yang belajar dengan model Problem Based Learning dan kelas yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkanhasil posttest kemampuan berpikir kritis juga menunjukkan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas yang belajar melalui model Problem Based Learninglebih tinggi daripada kelas yang belajar melalui model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji effect size diperoleh nilai d 0 79 maka model Problem Based Learning berpengaruh besar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18693

Actions (login required)

View Item View Item