Asokawati, Febriyana Faradila (2016) Pengembangan modul online berbasis scientific approach sebagai implementasi kurikulum 2013 pada materi usaha dan energi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang / Febriyana Faradila Asokawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Asokawati Febriyana Faradila. 2016. Pengembangan Modul Online Berbasis Scientific Approach sebagai Implementasi Kurikulum 2013 pada Materi Usaha dan Energi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Malang. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Purbo Suwasono M.Si (II) Drs. H. Winarto M.Pd. Kata Kunci Modul Scientific Approach Website Prestasi Belajar. Pembelajaran pada Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik. Sehingga pada implementasinya siswa dituntut aktif dalam pembelajaran khususnya pada pelajaran Fisika. Pada proses pembelajaran siswa diharapkan mampu mengkonstruk konsep hukum atau prinsip melalui kegiatan 5M yaitu mengamati menanya mengeksplorasi mengasosiasi dan mengkomunikasikan hasil belajar siswa. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan bahan ajar berupa modul online berbasis Scientific Approach yang dapat memfasilitasi kegiatan belajar siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Menurut permendikbud Nomor 103 tahun 2014 dijelaskan bahwa selain menggunakan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran guru juga dituntut agar mampu memanfaatkan secara optimal teknologi informasi dan komunikasi saat mengajar di kelas agar materi yang diajarkan dapat diterima siswa secara optimal. sehingga modul yang dikembangkan dalam penelitian ini akan disajikan dalam bentuk website yang dapat diakses siswa secara online agar guru lebih terampil dalam memanfaatkan sarana teknologi dan komunikasi di sekolah serta penggunaan kertas dapat diminimalisir. Penelitian ini mengadaptasi langkah-langkah penelitian dan pengembangan Borg and Gall dalam Sukmadinata. Jenis data penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil validasi oleh dosen ahli materi guru dan uji coba terbatas pada siswa. Data kualitatif berupa komentar dan saran sedangkan data kuantitatif berupa nilai rentangan skala 1-4 yang diperoleh dari lembar validasi yang diberikan secara langsung kepada validator. Setelah divalidasi produk pengembangan direvisi dan di uji coba terbatas pada siswa baru kemudian diterapkan kepada siswa untuk uji coba prestasi belajar siswa. Data yang diperoleh dari lembar validasi dihitung dengan teknik analisis rata-rata sedangkan nilai hasil uji prestasi belajar siswa dianalisis dengan membandingkan nilai test yang diperoleh siswa dengan nilai KKM pelajaran Fisika. Hasil persetase rerata uji kelayakan website dari validator dosen ahli dan guru adalah sebesar 97 50% sehingga uji kelayakan website termasuk dalam kriteria Layak. Sedangkan hasil persetase rerata uji kelayakan modul dari kedua validator adalah sebesar 86 21% dan masih termasuk dalam kriteria layak. Hasil uji coba keterbacaan pada siswa didapat respon yang baik dari siswa. kemudian berdasarkan hasil uji prestasi belajar siswa didapat presentase kelulusan siswa sebesar 100% diatas nilai KKM pelajaran Fisika. Kesimpulan secara keseluruhan modul online berbasis scientific approach ini layak digunakan pada pembelajaran dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18691 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |