Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi elastisitas untuk siswa SMA kelas X / Hasanah Nurwidya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi elastisitas untuk siswa SMA kelas X / Hasanah Nurwidya

Hasanah, Nurwidya (2016) Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi elastisitas untuk siswa SMA kelas X / Hasanah Nurwidya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasanah Nurwidya. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer pada Materi Elastisitas untuk Siswa SMA Kelas X. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Winarto M.Pd (2) Drs. Dwi Haryoto M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Elastisitas Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh banyak siswa SMA. Pernyataan ini di dukung dari hasil wawancara dan angket yang diberikan kepada siswa kelas X IPA 7 SMAN 8 Malang. Dari hasil wawancara didapatkan 90% siswa mengatakan bahwa mereka merasa bosan karena metode belajar dikelas monoton sehingga siswa juga menginginkan media pembelajaran fisika yang terdapat gambar animasi serta video. Pembelajaran yang menyangkut hal-hal di sekitarnya atau permasalahan yang ada di kehidupan sehari-hari dapat membuat materi lebih mudah dimengerti dan lebih menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi elastisitas untuk siswa SMA kelas X (2) validasi media pembelajaran berbantuan komputer untuk mengetahui tingkat kelayakan media. Desain penelitian pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer ini menggunakan model Borg Gall yang dimodifikasi menjadi lima tahap yakni tahap pendahuluan perencanaan pengembangan evaluasi dan uji coba terbatas. Produk dikemas dalam bentuk CD yang dapat dijalankan di dalam komputer atau laptop. Pengambilan data uji coba terbatas dilakukan pada 20 siswa kelas X IPA 7 SMAN 8 Malang dan penilaian oleh 3 validator. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil uji kelayakan media diperoleh persentase rerata 81% dan hasil uji kelayakan materi diperoleh 84%. Media yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria layak dan secara keseluruhan dinyatakan baik serta dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18690

Actions (login required)

View Item View Item