Pengembangan bahan ajar fisika berbasis learning cycle 5E berdasarkan kurikulum 2013 untuk membantu siswa menganalisis hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus / Novita Yuliyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika berbasis learning cycle 5E berdasarkan kurikulum 2013 untuk membantu siswa menganalisis hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus / Novita Yuliyanti

Yuliyanti, Novita (2016) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis learning cycle 5E berdasarkan kurikulum 2013 untuk membantu siswa menganalisis hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus / Novita Yuliyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuliyanti Novita. 2016. PengembanganBahan Ajar FisikaBerbasis Learning Cycle 5E BerdasarkanKurikulum 2013 untukMembantuSiswaMenganalisisHubunganantara Gaya Massa danGerakan Benda padaGerakLurus. Skripsi Program StudiPendidikanFisika JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Edi Supriana M.Si (II) Sugiyanto S.Pd M.Si Kata Kunci bahanajarfisika Learning Cycle 5E kurikulum 2013 Bahanajarmerupakanseperangkatmateri yang disusunsecarasistematisuntukmendukung proses pembelajaran. Kurikulum 2013 dirancanguntukmengembangkankeseimbangansikap pengetahuan danketerampilandalampembelajaran sehinggadalampelaksanaannyadiperlukanbahan ajar yang sesuaidengankriteriakurikulum 2013.Hasilpenelitianpendahuluanmenunjukkanbahwabahanajar yang beredaruntukkelas X dandigunakansiswabelumsesuaidengan yang diharapkan. Salah satucara yang ditempuhyaknidenganmengembangkanbahan ajar berbasisLearning Cycle 5E berdasarkankurikulum 2013. Tujuandaripenelitianiniadalahmendeskripsikanhasilpengembangandankelayakanbahan ajar fisikaberbasisLearning Cycle 5E berdasarkankurikulum 2013 untukmembantusiswamenganalisishubunganantaragaya massa dangerakanbendapadageraklurus. Metodepenelitiandanpengembanganinimenggunakandesainpenelitian 4D denganmengambiltigalangkahawal yaknipendefinisian (define) perancangan (design) danpengembangan (develop). Instrumen yang digunakanberupaangketuntukmengujikelayakanbahan ajar.Kelayakandiukurdenganmenggunakanujivaliditasolehahli (1 dosenfisika) sertaujicobaterbatasolehpenggunabahan ajar (1 guru fisikadan 12 siswa SMA kelas X SMA Negeri 6 Malang).Teknikanalisis data yang digunakanolehpenelitidalampenelitiandanpengembanganiniadalahteknikperhitunganpersentasedanteknikanalisisdeskriptifkualitatif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwabahan ajar berbasisLearning Cycle 5E berdasarkankurikulum 2013 inimemperolehnilaipersentase 94 97% dari validator yang berarti valid. Sedangkandaripenggunabahan ajar (guru dansiswa) memperolehnilaipersentase 89 43% yang berartilayak. Hal iniberartibahan ajar yang dikembangkansudahlayakuntukdigunakansertamemilikikelebihandisusunmengacupadakurikulum 2013 danmengikutilangkahpembelajaranLearning Cycle 5E yang jelasdansistematissehinggamemudahkan guru dansiswadalampembelajaran. Adapunkekurangannyaadalahterbataspadasatu KD yaitu KD 3.4.Produkbahan ajar inibarudikembangkanpadaujicobaterbatasdalamskalakecil.Sehinggaterbatasdiketahuitingkatkelayakanbahan ajar.Penelitilaindisarankanuntukmengujiefektifitasbahan ajar melaluipenelitianeksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18689

Actions (login required)

View Item View Item