Puspitasari, Ella (2016) Pengaruh problem based learning berbantuan ICT terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMAN 1 Turen pada materi fluida statis / Ella Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Puspitasari Ella. 2016. Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan ICT ter ha-dapKemampuanPemecahanMasalahSiswaKelas X SMAN 1 Turenpa-daMateriFluidaStatis. Skripsi JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. PurboSuwasono M.Si (II) Drs. Sumarjono M.Pd. Kata Kunci Problem Based Learning ICT KemampuanPemecahanMasalah FluidaStatis. Kurikulum 2013 menuntutpembelajaranfisikamenggunakanpendekatansaintifik. Berdasarkanhasilwawancaradengan guru fisika SMAN 1 Turenpadatanggal 30 Agustus 2015 model pembelajaran yang digunakanbelummengguna-kanpendekatansaintifikmelainkanmasihmenggunakanmetodeceramah. Berda-sarkanhasilanalisiskemampuanpemecahanmasalahpadamaterifluidastatisse banyak 79 5% dari 39 siswabelummemenuhitahapanpemecahanmasalah. Salah satu model pembelajaran yang sesuaidenganketentuanpendekatansaintifikdanefektifterhadapkemampuanpemecahanmasalahadalahProblem Based Learning (PBL). Selainitu untukmemaksimalkanpembelajaran di kelasdibutuhkan media pembelajaran yang menerapkan ICT. Olehkarenaituperludilakukanpenelitianme ngenaipengaruh PBL berbantuan ICT terhadapkemampuanpemecahanmasa lahsiswakelas X SMAN 1 Turenpadamaterifluidastatis. Penelitianinidilaku-kandengantujuanuntukmengetahuiapakahreratanilaikemampuanpemecahanmasalahsiswa yang dibelajarkandengan PBL berbantuan ICT lebihtinggidari padasiswa yang dibelajarkandenganmetodeceramah. Desainpenelitian yang digunakandalampenelitianiniyaitupretest post test control group desain.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas X SMAN 1 Turen. Sampelpenelitianadalahsiswakelas X MIA 6 sebagaikelaskon troldan X MIA 4 sebagaikelaseksperimen. Instrumenpenelitian yang digu na-kandalampenelitianiniadalah 1) silabus 2) RPP 3) LKS 4) instrumenketer-laksanaanpembelajaran dan 5) instrumenkemampuanpemecahanmasalah. Ins tru-menkemampuanpemecahanmasalahadalahuntukmengetahuikemampuanpe-mecahanmasalahsiswadenganlangkah-langkahsistematismeliputimengenalimasalah merencanakanstrategi menerapkanstrategi danmengevaluasisolusi. Pe ngumpulan data dilakukandenganobservasidantes. Analisis data padapene li-tianinimenggunakanuji-t. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwareratanilaikemampuanpemecahanmasalahsiswa yang dibelajarkandengan model PBL berbantuan ICT sebesar 80 08lebihtinggidaripadasiswa yang dibelajarkandenganmetodeceramahse be sar 75 37. Hasilanalisiskemampuanpemecahanmasalahsiswa yang dibelajarkandengan PBL berbantuan ICT dansiswa yang dibelajarkandenganmetodeceramahmenunjukkanperbedaan yang signifikan.Olehkarenaitudapatdisimpulkanbah wa PBL berbantuan ICT berpengaruhterhadapkemampuanpemecahanmasalahsis wakelas X SMAN 1 Turenpadamaterifluidastatis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18688 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |