Pengembangan media pembelajaran flipbook sebagai penunjang pembelajaran problem based learning pokok bahasan fluida statis untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Turen / Ana Amelia Rizqia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran flipbook sebagai penunjang pembelajaran problem based learning pokok bahasan fluida statis untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Turen / Ana Amelia Rizqia

Rizqia, Ana Amelia (2016) Pengembangan media pembelajaran flipbook sebagai penunjang pembelajaran problem based learning pokok bahasan fluida statis untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Turen / Ana Amelia Rizqia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rizqia Ana Amelia. 2015. Pengembangan Media PembelajaranFlipbooksebagaiPenunjangPembelajaran Problem Based Learning PokokBahasanFluidaStatisuntukMeningkatkanPrestasiBelajarSiswaKelas X SMAN 1 Turen. Skripsi JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. PurboSuwasono M.Si (II) Drs. H. Winarto M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Flipbook Problem Based Learning FluidaStatis PrestasiBelajar. Berdasarkantuntutanabad 21TIK dan multimedia dijadikansebagaisa-ranauntukmencapaitujuandalam proses pembelajaran. Berdasarkanhasilobser vasi pembelajaran di SMAN 1 Turenbelummenggunakanmedia yang meman faatkan TIK. Media yang digunakanberupaLKS yang berisimateridanlatihansoalsehinggabelummenerapkanpendekatansaintifik. Berdasarkanhasilangket yang telahdisebarkanpada 60siswakelasX sebanyak83 33% siswamembutuh kan media yang menunjang proses pembelajaranfisika 86 81% siswamengingin kan media yang berisianimasi video dan audio. Selainitu 85 41% siswamembu tuh kan media yang dapatmengaitkankonsepfisikadengankehidupansehari-hari.Olehkarenaituperludikembangkan media pembelajaranflipbooksebagaipenun-jangpembelajaranproblem based learningpokokbahasanfluidastatisuntukme ning-katkanprestasibelajarsiswakelas X SMAN 1 Turen. Penelitiandanpengembanganinimengadaptasipadalangkah-langkahpe ne-litiandanpengembanganBorg and GalldalamSukmadinata akantetapipadapenelitian pengembanganinihanyadilakukan 5 langkahawaldanujiterbataskepada 20 siswakelas X MIA 1 untukmengukurprestasibelajar. Jenis data pe ne li ti anberupa data kualitatifdan data kuantatif yang diperolehdarihasilvali dasioleh validator (dosendan guru) danhasilujicobaketerbacaanolehsiswakelas X MIA 1 SMAN 1 Turen. Data kualitatifberupakomentardan saran se dang kan da ta kuantitatifberupanilairentanganskala 1-4 dannilaihasilprestasibelajarsis wa. Data hasilvalidasidanujiketerbacaanolehsiswadianalisisdenganmenggu-nakanrumuspersentaseuntukmengetahuikelayakandankesesuaian media pem-belajaran flipbook sedangkan data nilaihasilprestasibelajardianalisisdenganmem -bandingkannilai yang diperolehdengan KKM danmembandingkannilai rata-rataulanganharianyang diperolehdengannilai rata-rata ulanganhariansis wakelas X MIA 1 tahunajaran 2014/2015 padamaterifluidastatis. Hasilvalidasioleh validatorterkaitkomponenpadaaspekmateridan me dia dari media pembelajaranflipbookyaitusebesar 90.7% atautermasukdalamkriteriasangat valid. Hasilujicobaketerbacaanmedia pembelajaranflipbookyai tusebesar 90.48% atautermasukdalamkriteriasesuai. Selainitu berdasarkanha-silujicobauntukmengukurprestasibelajarsiswadiperoleh 100% siswamen da -patkannilai di atas KKMdanterdapatkenaikanpersentaseketuntasanulanganharianma-terifluidastatisdibandingkantahunsebelumnya. Olehkarenaitu media pembelajaranflipbookdapatmeningkatanprestasibelajar. Kesimpulanse carake-seluruhan media pembelajaranflipbooksebagaipenunjangpembelajaranproblem based learningpokokbahasanfluidastatisinilayakdigunakanpadapem-belajarandandapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18687

Actions (login required)

View Item View Item