Wardani, Ari Ratna Kusuma (2016) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis masalah kontekstual pada materi fluida statis sebagai peluang membangun kemampuan pemecahan masalah siswa SMA kelas X / Ari Ratna Kusuma Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wardani Ari Ratna Kusuma. 2016. PengembanganBahan Ajar FisikaBerbasisMasalahKontekstualPadaMateriFluidaStatissebagaiPeluangMembangunKemampuanPemecahanMasalahSiswa SMA Kelas X. Skripsi Program StudiPendidikanFisika JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra. EndangPurwaningsih M.Si. (II) NurilMunfaridah S.Pd. M. Pd Kata Kunci bahan ajar berbasismasalahkontekstual kemampuanpemecahanmasalah QR Code CoRe Kurikulum 2013 disusunolehpemerintah Indonesia untukmenyesuaikantuntutanabad 21 yangberhubungandenganpendidikandiantaranyaketerampilanmelek TIK dankemampuanpemecahanmasalah. Kenyataan yang adabahan ajar yang dipakaisiswa di SMA kota Malang dirasakurangdalammelatihkemampuanpemecahanmasalahdanminimnyapengintegrasianteknologidalambahan ajar. Olehkarenaitu perludilakukanpenelitianuntukmengembangkandanmengetahuikelayakanbahan ajar fisikaberbasismasalahkontekstualpadamaterifluidastatissebagaipeluangmembangunkemampuanpemecahanmasalahsiswa SMA kelas X. Langkahdalampenelitianini yaitu (1) define (wawancaradananalisisbahan ajar) (2) design (penyusunancontent representation QR Code RPP bahan ajar daninstrumenpenelitian) dan (3) development (validasi ujicobaproduk danrevisiproduk). Validasidilakukanoleh3 validator bertujuanuntukmengujikelayakanproduk yang dikembangkan. Data hasilujicobaterbatasdiperolehdariangketujicobaterbatas yang diberikankepada 15 siswa. Hasilpada data ujicobaterbatasdiperkuatdenganwawancaraterhadap 6 siswa yang telahmembacadanmempelajaribahan ajar sub bab 1 dan 3. Hasilanalisisnilai rata-rata validasiprodukolehahlisebesar 3 78 sedangkannilai rata-rata ujicobaterbatasprodukolehsiswasebesar3 63.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaproduk yang dikembangkanmendapatkankriteria valid.Produk yang dikembangkanterdiridaribahan ajar untuksiswadan guru. Kelebihandaribahan ajar ini yaitu (1) terdapatProblem di setiapawal sub babmateriberisipermasalahankehidupannyatadandapatdianalisismenggunakanilmufisika (2) melatihsiswameningkatkankemampuanpemecahanmasalah (3) terdapatQR Code di bahan ajar siswa yang dapatdiaksesdenganaplikasipadasmartphonesebagaipetunjukpraktikum menambahwawasanmateri ajar danmembantumenyelesaikanpermasalahan (4) bahan ajar guru dilengkapidengan CD untukmengantisipasikendalaakses (5) terdapatCoRedi bahan ajar guruuntukmenunjukkankonsepesensialdarimateri (6) isibahan ajar sesuaidenganlangkahpendekatanilmiah (7) pertanyaanpadasoalberisipertanyankonsepdanpertanyaanmatematis. Kekuranganbahan ajar iniyaitu (1) materiterbataspadakarakteristikfluidastatis (2) efektivitasbahan ajar untukmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahsiswabelumdapatdiketahui.Saran untukpenelitianselanjutnyayaitumengujiefektivitasbahan ajar untukmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahdalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |