Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap prestasi belajar fisika pada materi usaha dan energi / Ahmad Bahtiar Kesuma Atmaja - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap prestasi belajar fisika pada materi usaha dan energi / Ahmad Bahtiar Kesuma Atmaja

Atmaja, Ahmad Bahtiar Kesuma (2016) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap prestasi belajar fisika pada materi usaha dan energi / Ahmad Bahtiar Kesuma Atmaja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Atmaja A.B.K. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Prestasi Belajar Fisika Pada Materi Usaha dan Energi. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Edi Supriana M.Si. (II) Sugiyanto S.Pd M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran PBL Prestasi Belajar Fisika PBL adalah model pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik yang didesain untuk meningkatkan prestasi belajar. Guru sebagai fasilitator mengajak siswa untuk terlibat aktif dalam setiap tahap pembelajaran (Student Centre) yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Tahapan pembelajaran PBL diawali dengan fase mengorientasikan siswa pada masalah mengorganisasikan siswa untuk belajar fase penyelidikan individu dan kelompok mengembangkan dan menyajikan hasil penyelidikan dan diakhiri fase menganalisis serta mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan siswa yang belajar secara konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen yang menggunakan pretest-posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMAN 8 Malang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X-MIA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MIA4 sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Prestasi belajar siswa diukur menggunakan instrumen yang berupa soal tes pilihan ganda. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Hasil tes diuji prasyarat menggunakan uji normalitas Chi-Square dan uji homogenitas Bartlett. Selanjutnya dilanjutkan uji hipotesis menggunakan t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji t prestasi belajar didapat ttabel 1.994 2.585 thitung menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran PBL dengan siswa yang belajar secara konvensional. Karena hasil posttest menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 82.6 lebih tinggi daripada kelas kontrol 73.7 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar fisika pada materi usaha dan energi siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PBL daripada siswa yang dibelajarkan secara konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18685

Actions (login required)

View Item View Item