Pengaruh model pembelajaran brain based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan kalor kelas X semester 2 SMAN 1 Maron Probolinggo / Rizky Ayu Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran brain based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan kalor kelas X semester 2 SMAN 1 Maron Probolinggo / Rizky Ayu Maharani

Maharani, Rizky Ayu (2016) Pengaruh model pembelajaran brain based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan kalor kelas X semester 2 SMAN 1 Maron Probolinggo / Rizky Ayu Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ayu. Rizky. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pokok Bahasan Kalor Kelas X Semester 2 SMAN 1 Maron Probolinggo. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Agus Suyudi M.Pd (2) Dr. Lia Yuliati M.Pd Kata Kunci model pembelajaran Brain Based Learning model pembelajaran Problem Based Learning kemampuan berpikir kritis Salah satu tujuan pembelajaran yaitu untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Suatu proses pembelajaran sebaiknya mampu melatih siswa dalam memecahkan masalah dengan kemampuan kritis yang dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan kalor kelas X Semester 2 SMAN 1 Maron Probolinggo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIA di SMAN 1 Maron Probolinggo tahun pelajaran 2015-2016. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik posttest. Instrumen perlakuan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) LKS dan tes kemampan berpikir kritis. Kegiatan analisis data dilakukan dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t namun sebelumnya dilakukan uji prasyarat dengan melakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitianmenunjukkan nilai t_hitung 4 689 t_tabel 2 002 dan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimenyaitu 78 56 sedangkan untuk kelas kontrol 71 46. Nilai t_hitung lebih besar daripada nilai t_tabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Maron Probolinggo antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL). 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18684

Actions (login required)

View Item View Item