Pengaruh model pembelajaran REACT terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X-MIA SMAN 1 Lawang / Diyan Nofianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran REACT terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X-MIA SMAN 1 Lawang / Diyan Nofianti

Nofianti, Diyan (2016) Pengaruh model pembelajaran REACT terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X-MIA SMAN 1 Lawang / Diyan Nofianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nofianti Diyan. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran REACT terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X-MIA SMAN 1 Lawang. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Suyudi M.Pd (II) Drs. Edi Supriana M.Si. Kata kunci model REACT prestasi belajar REACTmerupakan model pembelajarankontekstualyang mengarahkan siswa aktif dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. REACTterdiri dari 5 tahapan yaituRelating menampilkanfenomena-fenomenadalamkehidupankemudiandikaitkandenganmateri. Experiencing yaitusiswamelakukanpraktikum demonstrasi atau pengamatan videountukmendapatkanpengalaman yang berkaitandenganmateri. Applying pemberianpermasalahansebagaipenerapandarikonsep yang telahdipahamisiswa yang berkaitandengankehidupansehari-hari. Cooperating yaitubelajaruntukberbagaipengalaman memberikantaggapandanberkomunikasidengansiswa yang adadidalamkelompokuntukmendiskusikanpermasalahan yang diberikanpadatahapapplying. Transfering perwakilankelompokmempresentasikanhasil diskusitentangpermasalahan yang diberikanpadatahapapplying di depankelas. Prestasi belajar merupakan hasil dari pengukuran kemampuan kognitif siswa yang diukur menggunakan instrumen tes. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar kelompok siswa yang belajar menggunakan pembelajaran REACT dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan pembelajaran Konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pretest-posttest control group design.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri Lawang. Pemilihan kelas sampel berdasarkan teknikPurposive Sampling yaitu kelas X MIA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen perlakuan berupa RPP dan LKS dan instrumen pengukuran berupa lembar observasi dan instrumen tes. Berdasarkan hasil analisis data prestasi belajar nilai pretest diperoleh nilai thitung 0 44 1 99 (t70 0 05) maka tidak ada perbedaan kemampuan awal kelompok siswa pada kelas eksperimen dan kelompok siswa pada kelas kontrol sebelum keduanya diberikan perlakuan. Setelah diberikan perlakuan model pembelajaran REACT pada kelas eksperimen dan model pembelajaran Konvensional pada kelas kontrol hasil posttestmenunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 70 14 lebih tinggi daripada kelas kontrol 56 94. Hasil uji hipotesis prestasi belajar didapat ttabel 6 14 1 67 (t70 0 05) menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran REACT dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan pembelajaran Konvensional sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model pembelajaran REACT terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Lawang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18683

Actions (login required)

View Item View Item