Pengembangan bahan ajar gelombang berbasis multi representasi sebagai peluang untuk meningkatkan pemahaman konsep / Nurul Ilmiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar gelombang berbasis multi representasi sebagai peluang untuk meningkatkan pemahaman konsep / Nurul Ilmiati

Ilmiati, Nurul (2016) Pengembangan bahan ajar gelombang berbasis multi representasi sebagai peluang untuk meningkatkan pemahaman konsep / Nurul Ilmiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ilmiati Nurul. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Gelombang Berbasis Multi Representasi sebagai Peluang untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Purwaningsih M.Si (II) Sulur S.Pd M.Si M.T.D. Kata Kunci bahan ajar gelombang multi representasi pemahaman konsep. Siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep dasar gelombang yang berguna untuk mempelajari topik-topik fisika lanjutan. Salah satu penyebabnya adalah buku yang digunakan kurang membantu siswa dalam memahami konsep akan tetapi lebih banyak berisi rumus-rumus. Kesulitan ini dapat diatasi diantaranya melalui penggunaan bahan ajar yang menuntun siswa mempelajari materi gelombang dengan penggunaan multi representasi sehingga siswa aktif dalam membangun pemahamannya. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kevalidan bahan ajar gelombang berbasis multi representasi sebagai peluang untuk meningkatkan pemahaman konsep. Penelitian dan pengembangan bahan ajar gelombang berbasis multi representasi ini menggunakan model Borg and Gall dan hanya dilakukan hingga langkah kelima yakni (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) uji coba lapangan awal (5) revisi produk. Bahan ajar yang disusun divalidasi oleh satu dosen fisika UM dan dua guru SMAN 9 Malang. Selain itu bahan ajar juga dilakukan uji coba terbatas pada 5 siswa kelas XI MIA 5 SMAN 9 Malang yang belum menempuh materi gelombang dan 5 siswa kelas XI MIA 1 9 Malang yang telah menempuh materi gelombang. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa buku siswa secara keseluruhan mendapat nilai 88.49% dengan kriteria valid RPP secara keseluruhan mendapat nilai 93.33%. dengan kriteria valid dan 87.5% siswa menyatakan buku siswa yang telah disusun secara keseluruhan mudah digunakan. Selain itu hasil tes akhir yang dikerjakan oleh siswa menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berpeluang untuk meningkatkan pemahaman konsep. Bahan ajar yang dikembangkan memiliki beberapa keunggulan yakni (1) memuat berbagai konsep dasar gelombang yang seharusnya dipahami oleh siswa (2) selalu diawali dengan demonstrasi sehingga membuat siswa aktif membangun pemahaman (3) dilengkapi dengan video dan animasi sehingga siswa yang masih bingung dalam membayangkan fenomena yang terjadi dapat melihat fenomena tersebut dalam DVD (4) menuntun siswa mempelajari materi gelombang dalam beberapa representasi sehingga membuat siswa memahami materi dengan baik (representasi gembar bergerak representasi gambar diam (grafik/gambar) representasi matematis dan representasi verbal dan (5) dilengkapi dengan soal-soal perhitungan dan soal-soal konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18682

Actions (login required)

View Item View Item