Pengembangan media pembelajaran animasi berbantuan swishmax sebagai alat bantu mandiri memahami konsep materi suhu dan kalor siswa kelas X MAN 2 Batu / Nurul Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran animasi berbantuan swishmax sebagai alat bantu mandiri memahami konsep materi suhu dan kalor siswa kelas X MAN 2 Batu / Nurul Hidayah

Hidayah, Nurul (2016) Pengembangan media pembelajaran animasi berbantuan swishmax sebagai alat bantu mandiri memahami konsep materi suhu dan kalor siswa kelas X MAN 2 Batu / Nurul Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayah Nurul.2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Berbantuan SwishMax Sebagai Alat Bantu Mandiri Memahami Konsep Pada Materi Suhu dan Kalor Siswa Kelas X MAN 2 Batu. Skripsi Jurusan Fisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sumarjono M.Pd (II) Sulur S.Pd. M.Si M.T.D. Kata Kunci media pembelajaran SwishMax alat bantu mandiri konsep LatarbelakangpenelitianiniadalahtuntutanKurikulum 2013 yaitu proses pembelajaran yang berpusatpadasiswadengansifatpembelajaran yang kontekstualsehinggasiswamencaritahusendiripengetahuannya. Selainituseiringdengankemajuan system teknologiinformasiuntukmenciptakan media berbasisteknologi yang semakinmenarik interaktif dankomprehensif. Penelitianinibertujuanuntukmengembangkan media pembelajaran mengujikevalidan media pembelajaranberbasisanimasiberbantuanSwishMaxpadamaterisuhudankaloruntukkelas X MAN 2 Batudanmengujiketerbacaan media pembelajaranberbasisanimasiberbantuanSwishMaxpadamaterisuhudankalorsebagaialat bantu mandirimemahamikonsepsiswakelas X MAN 2 Batu. Penelitianinimenggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapanyaituanalysis design development implementation dan evaluation.Instrumen yang digunakanuntukmengetahuikevalidan media adalahlembarvalidasi yang menggunakanangketberdasarkanskalaLikert sedangkaninstrumen yang digunakanuntukmengetahuipeningkatanpemahamankonsepmenggunakansoalpre testdanpost test. Teknikanalisis data yang digunakanadalahanalisisdeskriptifkualitatifdananalisiskuantitatifdenganteknikanalisis data presentasedanrerataskorgain (N-gain). Hasilpenelitianmenunjukkanvalidasimateridan media oleh validator adalah69 9% dengankriteriacukupvalid danvalidasiketerbacaanolehsiswaadalah 78 5% dengankriteria valid. Sedangkanhasilpeningkatanpemahamankonsepadalah 75 09% dengankriteriatinggi. Inimenunjukkanbahwa media pembelajaranberbasisanimasiberbantuanSwishMaxdapatmenjadialatbantumemahamikonseppadasiswakelas X di MAN 2 Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18681

Actions (login required)

View Item View Item