Pengembangan bahan ajar fisika berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) dengan tempilan adobe flash pada materi gelombang transversal berjalan / Wahyu Apria Dharma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) dengan tempilan adobe flash pada materi gelombang transversal berjalan / Wahyu Apria Dharma

Dharma, Wahyu Apria (2016) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) dengan tempilan adobe flash pada materi gelombang transversal berjalan / Wahyu Apria Dharma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dharma Wahyu Apria. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis REACT (Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring) dengan Tampilan Adobe Flash pada Materi Gelombang Transversal Berjalan. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Purbo Suwasono M.Si. (II) Dra. Endang Purwaningsih M.Si. Kata Kunci REACT adobe flash gelombang transversal berjalan Kurikulum 2013 mengharuskan proses pembelajaran menghasilkan insan Indonesia yang produktif kreatif dan inovatif melalui penguatan sikap keterampilan dan pengetahuan yang terintegrasi melalui pendekatan ilmiah (scientific approach). Tuntutan kurikulum 2013 berhasil dicapai dengan implementasi bahan ajar dan strategi belajar yang baik di dalam kegiatan belajar mengajar. Bahan ajar berupa buku masih menjadi sumber utama pembelajaran peserta didik di sekolah. Strategi REACT (relating experiencing applying cooperating transferring) adalah salah satu strategi pembelajaran kontekstual yang memberikan ruang gerak kepada peserta didik untuk membangun pengetahuannya sendiri. Materi gelombang transversal berjalan adalah materi yang abstrak (sulit di bayangkan) oleh peserta didik. Penggunaan flash di dalam bahan ajar membantu peserta didik memvisualisasikan gelombang transversal berjalan. Jenis penelitian pengembangan yang dilakukan adalah penelitian pengembangan bahan ajar oleh Sadiman yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar fisika berbasis REACT (relating experiencing applying cooperating transferring) dengan tampilan adobe flash pada materi gelombang transversal berjalan.Validasi dilakukan oleh ahli terhadap bahan ajar dan RPP. Uji coba terbatas dilakukan untuk mengetahui tingkat keterbacaan peserta didik terhadap bahan ajar. Terdapat dua jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif ditunjukkan dengan Skala Likert dan dianalisis menggunakan kriteria validitas analisis nilai rata-rata. Sedangkan data kualitatif digunakan untuk dasar revisi produk. Berdasarkan hasil validasi produk oleh ahli didapatkan nilai rata-rata bahan ajarsebesar 3 35 dan nilai rata-rata RPP sebesar 3 56. Berdasarkan hasil uji coba terbatas oleh peserta didik didapatkan nilai rata-rata keterbacaan bahan ajar sebesar 3 54. Hasil tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar fisika berbasis REACT (relating experiencing applying cooperating transferring) dengan tampilan adobe flash pada materi gelombang transversal valid dan siap untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran.Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian pengembangan ini memiliki beberapa kelebihan yaitu (1) dikembangkan dengan software kvisoft flip book maker prosehingga berbentuk digital atau flash (2) dapat dioperasikan pada sebarang komputer tanpa menginstal softwaretertentu atau memakai cd room. Selain memiliki kelebihan bahan ajar ini juga memiliki kekurangan yaitu (1) materi hanya terbatas pada besaran-besaran fisis dan karakteristik gelombang transversal berjalan (2) efektivtas bahan ajar untuk peserta didik belum dapat diketahui karena bahan ajar belum diimplementasikan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18680

Actions (login required)

View Item View Item