Pengaruh media visual dalam model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create and Share) terhadap penguasaan konsep fisika suhu dan kalor / Yuli Astutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media visual dalam model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create and Share) terhadap penguasaan konsep fisika suhu dan kalor / Yuli Astutik

Astutik, Yuli (2016) Pengaruh media visual dalam model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create and Share) terhadap penguasaan konsep fisika suhu dan kalor / Yuli Astutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astutik Yuli. 2016. Pengaruh Media Visual dalam Model Pembelajaran SSCS (Search Solve Create and Share) terhadap Penguasaan Konsep Fisika Suhu dan Kalor. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Suyudi M.Pd. (II) Drs. Kadim Masjkur. M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran SSCS Media Visual Penguasaan Konsep Fisika SSCS adalah model pembelajaran dengan pendekatan problem solving yang didesain untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan pemahaman terhadap konsep ilmu. Guru sebagai fasilitator mengajak siswa untuk terlibat aktif dalam setiap tahap pembelajaran SSCS. Tahapan pembelajaran SSCS diawali dengan fase search (menyelidiki masalah) fase solve (merencanakan penyelesaian masalah) fase create (melaksanakan penyelesaian masalah) dan diakhiri dengan fase share (mengkomunikasikan hasil). Pada tahap pertama yaitu fase search siswa diberikan permasalahan melalui media visual sebagai media untuk melatih pengkonstruksian konsep fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep fisika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran SSCS berbantuan media visual dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran SSCS tanpa media visual. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen tipe pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Kota Batu. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Penguasaan konsep siswa diukur menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Hasil tes diuji prasyarat menggunakan uji normalitas Chi-Square dan uji homogenitas Bartlett. Selanjutnya dilanjutkan uji hipotesis menggunakan t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji t penguasaan konsep didapat ttabel 1.9983 2.167 thitung menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran SSCS berbantuan media visual berbeda dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran SSCS. Hasil posttest menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 73 lebih tinggi daripada kelas kontrol 66 maka dapat disimpulkan bahwa siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran SSCS berbantuan media visual memiliki penguasaan konsep fisika suhu dan kalor lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran SSCS. Hasil effect size 0.536 menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SSCS berbantuan media visual cukup berpengaruh terhadap pengusaan konsep fisika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18678

Actions (login required)

View Item View Item