Pengembangan bahan ajar fisika untuk menunjang pembelajaran discovery learning pada siswa kelas X materi hukum Newton / Aska Purdianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika untuk menunjang pembelajaran discovery learning pada siswa kelas X materi hukum Newton / Aska Purdianto

Purdianto, Aska (2016) Pengembangan bahan ajar fisika untuk menunjang pembelajaran discovery learning pada siswa kelas X materi hukum Newton / Aska Purdianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purdianto Aska. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Fisika untuk MenunjangPembelajaranDiscovery LearningPadaSiswaKelas X MateriHukum Newton. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.PurboSuwasono M.Si. (II) Dra. Endang Purwaningsih M.Si. Kata Kunci bahan ajar discovery learning hukum Newton. Kurikulum 2013 menuntut penyediaan bahan ajar yang dapat membantu peserta didik menganalisis pengetahuan terkait dengan penyebab fenomena dan kejadian. Bahan ajar denganmaterihukum Newton yang sesuaidengantuntutantersebutbelumsempurnakhususnyapadapercobaantiapsubabmateri. Oleh karena itu dilakukanlah pengembangan bahan ajar fisika untuk menunjangpembelajarandiscovery learningpadasiswakelas X materihukum Newton Tujuan dari penelitian ini adalahmengembangkan bahan ajarfisikauntukmenunjangpembelajarandiscovery learningpadasiswakelas X materihukum Newton.Terdapat 7langkah dalam penelitian ini yaitu 1) studipendahuluanmeliputistudipustakadanstudilapangan 2) penyusunandrafproduk 3) pengembangandraf produk 4) validasi produk 5) revisi produkawal 6) uji coba produk dan 7) revisi produk. Validasi dilakukan oleh ahli terhadap bahan ajar danRPP. Uji coba dilakukan untuk mengetahui tingkat keterbacaan peserta didik terhadap bahan ajar. Hasil dari validasi dan uji coba terbatas digunakan untuk dasar revisi produk. Revisi dilakukan dua tahap yaitu 1) revisi setelah validasi dan 2) revisi setelah uji coba. Produk penelitian dan pengembangan ini terdiri dari 2 macam yaitu bahan ajar untuk siswa dan untuk panduan mengajar guru. Produk yang dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan ini memiliki beberapa kelebihan yaitu (1) bahan ajar disajikanberdasarkankehidupan nyata yangditemukanolehsiswadan dikaitkan dengan ilmu fisika dapat membuat peserta didik menyadari bahwa fisika erat kaitannya dengan kehidupan dan (2) materi yang disajikanmenggunakan model discovery learningsehinggasiswalebihpahamdalammempelajarinya.Produk yang dikembangkan juga memiliki kekurangan yaitu (1) materi hanya terbatas pada hukum Newton danpenerapannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18677

Actions (login required)

View Item View Item