Silvia, Kartika Mega (2016) Pengembangan bahan ajar optika geometri berbasis masalah kontektual sebagai peluang menuymbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X / Kartika Mega Silvia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Silvia Kartika Mega. 2016. Pengembangan Bahan Ajar OptikaGeometriBerbasisMasalahKontekstualsebagaiPeluangMenumbuhkanKemampuanBerpikirKritisSiswa SMA Kelas X. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Purwaningsih M.Si. (II) Nuril Munfaridah M.Pd. Kata Kunci bahan ajar permasalahan kontekstual optikageometri kemampuan berpikir kritis Perbaikanmutupendidikanperludilakukan agar mencapaipendidikan yang ideal sesuaidengantuntutanabad 21. Salah satuketerampilan yang harusdikuasaigenerasiabad 21 adalahketerampilanberpikirkritis. Berpikirkritisbukanlahbawaansejaklahirnamundapatdilatihkandenganmemberikanpermasalahankontekstualdalampembelajaran.Bahan ajar merupakansalahsatufaktorpendukungpembelajaran. Salah satumaterifisika yang dianggapsulitadalahOptikaGeometri. Kenyataan di lapangansetelahdilakukanpenyebaranangketterhadap guru dansiswasertaobservasiterhadapbahan ajar OptikGeometri yang beredar 8 dari 10bahan ajar OptikGeometribelumdapatmenuntunsiswamengembangkankemampuanberpikirkritis. Oleh karena itu dilakukanlah pengembangan bahan ajar Optik Geometri berbasis masalah kontekstualsebagaipeluangmenumbuhkankemampuanberpikirkritissiswa. Model penelitiandanpengembangan yang digunakanadalah model 4D. Penelitimengadopsi 3 tahappengembangan 4D yaitu1)Define 2)Design 3)Develop. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data berupa angket dengan skala Linkertdankoom saran. Validasi dilakukan oleh ahli terhadap bahan ajardanRPP. Uji coba terbatasdilakukan untuk mengetahui tingkat keterbacaanbahan ajar olehsiswa. Hasil dari validasi dan uji coba terbatas digunakan untuk dasar revisi produk. Produk penelitian dan pengembanganmemilikikelebihanyaituterdiridaribukusiswa yang menyajikanmasalahdisetiapawal sub bab terdapatrangkaiankegiatanpembelajaransepertikegiatanpraktikum menyelesaikansoaltantangan berdiskusi permainan dantugasproyek yang dapatmenuntunsiswamengembangkankemampuanberpikirkritis dalambuku guru disajikan RPPdanpembahasanmasalahsebagaireferensi guru dalammengajar.Produk yang dikembangkan juga memiliki kekurangan yaitu terbatas pada materioptikgeometri belumdiketahuiefektifitasprodukdalammeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakarena produk belum diujikan penggunaannya dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18676 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |