Rahmasari, Reni (2016) Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI-IPA SMAN 1 Ngoro Kabupaten Mojokerto pada materi fluida statis / Reni Rahmasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahmasari Reni. 2016. Pengaruh ModelDiscovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI-IPA SMAN 1 Ngoro Kabupaten Mojokerto pada Materi Fluida Statis. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Parno M.Si (II) Drs. Kadim Masjkur M.Pd. Kata Kunci Kemampuan Berpikir Kritis Materi Fluida Statis Model Discovery Learning Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Nilai rata-rata kemampuan berpikir peserta didik Indonesia pada bidang sains masih di bawah skor standar yang ditentukan TIMSS 2011. Hasil studi pendahuluan di SMAN 1 Ngoro menunjukkan rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI-IPA pada materi fluida statis tahun pelajaran 2014/2015 masih rendah yaitu 56. Rendahnya kemampuan berpikir dipengaruhi cara belajar peserta didik yang masih pasif karena pembelajaran masih didominasi pendidik pendidik yang kurang taat dengan RPP serta kegiatan praktikum yang kurang maksimal. Dari permasalah tersebut dipilih model discovery learning untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.Discovery learning merupakan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran mendapatkan pengalaman langsung serta mengembangkan kemampuan berpikir rasional dan kritis. Jenis penelitian yang dilakukan quasi experiment dengan rancangan The Randomized Pretest-Posttest Control Group Desaign yaitu dua kelompok sampel yang diambil secara acak dari populasi yang ada satu kelompok diberi pretest perlakuan dan posttest sedangkan satu kelompok lainnya hanya diberikan pretest dan posttest saja tidak ada perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI-IPA SMAN 1 Ngoro Kabupaten Mojokerto. Penentuan sampeldalam penelitian ini dengan teknik cluster random sampling diperolehkelas XI-IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPA3 sebagai kelas kontrol. Kemampuan berpikir kritis peserta didik dilakukan dengan pretest dan posttest dalam bentuk 14 butir soal esai. Instrumen tes yang akan digunakan terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas chi kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji Harley. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Hasil uji t posttest kemampuan berpikir kritis didapatt(72 0.05) 1.993
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18675 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |