Pengaruh mind mapping dalam model discovery learning terhadap prestasi belajar fisika peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Mojosari Kabupaten Mojokerto / Lailatul Mufarokhah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh mind mapping dalam model discovery learning terhadap prestasi belajar fisika peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Mojosari Kabupaten Mojokerto / Lailatul Mufarokhah

Mufarokhah, Lailatul (2016) Pengaruh mind mapping dalam model discovery learning terhadap prestasi belajar fisika peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Mojosari Kabupaten Mojokerto / Lailatul Mufarokhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mufarokhah Lailatul. 2016. Pengaruh Mind Mapping dalam Model Discovery Learning terhadap Prestasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 1 Mojosari Kabupaten Mojokerto. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarjono M.Pd (II) Nuril Munfaridah S.Pd M.Pd. Kata Kunci Model Discovery Learning Mind Mapping Prestasi Belajar Fisika Kurikulum 2013 yang memberikan ruang bagi prakarsa kreativitas dan kemandirian. Pembelajaran yang baik terjadi dalam dua arah yaitu interaksi timbal balik melibatkan pendidik dan peserta didik. Kondisi ini bertolak belakang dengan pembelajaran di lapangan yang belum sepenuhnya melaksanakan tuntutan Kurikulum 2013. Peserta didik seringkali tidak dilibatkan dalam berdiskusi atau melakukan penyelidikan. Pembelajaran yang seperti itu dapat berakibat pada rendahnya prestasi belajar peserta didik. Study PISA menunjukkan skor dalam bidang science Indonesia berada di bawah rata-rata. Penggunaan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik seperti discovery learning dapat memfasilitasi berkembangnya prestasi belajar. Tahapan keempat discovery learning peserta didikdiminta untuk menghubungkan konsep dasar atau variabel temuannya dengan memanfaatkan mind mapping. Mind mapping dapat mengaitkan informasi baru dengan semua informasi dasar yang sudah ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiperbedaan prestasi belajar fisika antara peserta didik yang belajar menggunakan model discovery learning disertaimind mappingdan peserta didik yang belajar menggunakan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan rancangan quasy experiment dengan desain posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Mojosari sebanyak 259 peserta didik.Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI-MIA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-MIA 6 sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknikpurposive sampling. Prestasi belajarpeserta didik diukur menggunakan instrumen yang berupa tes pilihan ganda. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas reliabilitas taraf kesukaran dan daya beda. Hasil tes diuji prasyarat menggunakan uji normalitas Liliefors dan uji homogenitas Bartlett. Selanjutnya diadakan uji hipotesis menggunakan t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji t prestasi belajar didapatttabel 1.994

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18674

Actions (login required)

View Item View Item