Pengembangan flipbook bahan ajar fisika Gerak Harmonis Sederhana (GHS) siswa SMA berbasis fenomena dengan dilengkapi Physics Education Technology (PhET) / Dice Kantarinata - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan flipbook bahan ajar fisika Gerak Harmonis Sederhana (GHS) siswa SMA berbasis fenomena dengan dilengkapi Physics Education Technology (PhET) / Dice Kantarinata

Kantarinata, Dice (2016) Pengembangan flipbook bahan ajar fisika Gerak Harmonis Sederhana (GHS) siswa SMA berbasis fenomena dengan dilengkapi Physics Education Technology (PhET) / Dice Kantarinata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kantarinata Dice. 2016. Pengembangan Flipbook Bahan Ajar Gerak Harmonis Sederhana (GHS) Siswa SMA Berbasis Fenomena dengan Dilengkapi Physics Education Technology (PhET). Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Purwaningsih M.Si. (II) Dr. Parno M.Si. Kata Kunci flipbook PhET bahan ajar berbasis fenomena. Kurikulum 2013 yang disusun oleh pemerintah Indonesia untuk memenuhi tuntutan abad 21 sedikitnya memiliki dua tuntutan tentang pendidikan yaitu 1) menuntut kemampuan belajar kontekstual dan 2) pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar berbasis fenomena dengan dilengkapi PhET yang dikemas dalam bentuk flipbook dan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar siswa. Produk penelitian dan pengembangan ini terdiri dari 2 macam yaitu bahan ajar untuk siswa dan pedoman pembelajaran untuk guru. Oleh karena itu dilakukanlah pengembangan bahan ajar fisika berbasis fenomena yang dikemas dalam bentuk buku elektronik flipbook dengan dilengkapi Physics Education Technology (PhET). Terdapat 7 langkah dalam penelitian ini yaitu 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba produk dan 7) revisi produk. Validasi dilakukan oleh ahli terhadap bahan ajar silabus dan RPP dengan angket validasi. Uji coba dilakukan untuk mengetahui tingkat keterbacaan bahan ajar oleh peserta didik dengan angket uji coba terbatas. Hasil dari angket validasi dan uji coba terbatas digunakan untuk dasar revisi produk. Revisi dilakukan dua tahap yaitu 1) revisi setelah validasi dan 2) revisi setelah uji coba. Produk yang dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan ini memiliki beberapa kelebihan yaitu 1) penyajian permasalahan kehidupan nyata dapat membuat peserta didik menyadari bahwa fisika erat kaitannya dengan kehidupan 2) buku dikemas dalam bentuk flipbook yang memudahkan untuk digunakan kapanpun dan dimanapun karena berbentuk elektronik (3) buku dikemas dengan lebih berwarna ada musik klasik serta adanya kata-kata motivasi yang menambah semangat untuk belajar dan (4) penyajian materi dan contoh soal dapat melatih peserta didik meningkatkan kemampuan pemahaman konten. Bahan ajar ini juga memiliki beberapa kekurangan yaitu (1) materi hanya terbatas pada gerak harmonis sederhana (2) belum diuji keefektivitasannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18673

Actions (login required)

View Item View Item