Pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa kelas X di SMA / Ida Purnamasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa kelas X di SMA / Ida Purnamasari

Purnamasari, Ida (2016) Pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa kelas X di SMA / Ida Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purnamasari Ida. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X di SMA. Sripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarjono M.Pd. (II) Sulur S.Pd. M.Si. M.T.D. Kata Kunci guided inquiry keterampilan proses sains prestasi belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran guided inquiry terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa kelas X. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Malang tahun pelajaran 2015/2016 pada pokok bahasan fluida statis. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design atau eksperimen semu dengan Nonequivalent One Group Design (kelompok eksperimen tidak dipilih secara random). Desain yang digunakan untuk penelitian ini adalah One Group Pretest Posttest Design dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Rata-rata presentase keterlaksanaan pembelajaran pada materi fluida statis adalah sebesar 69 25 % dengan kriteria baik. Berdasarkan analisis yang dilakukan terjadi peningkatan keterampilan proses sains dari submateri tekanan hidrostatis hukum Pascal hukum Archimedes dan tegangan permukaan. Data prestasi belajar siswa (pretest dan postest) diuji statistik melalui uji-gain. Dari analisis N-gain diperoleh g rata-rata sebesar 0 5266 nilai ini menunjukkan N-gain cukup efektif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa pada materi fluida statis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18672

Actions (login required)

View Item View Item