Pengembangan multimedia interaktif untuk kelas XI MIPA pokok bahasan dinamika rotasi / Rofiatu Amalia Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif untuk kelas XI MIPA pokok bahasan dinamika rotasi / Rofiatu Amalia Arifin

Arifin, Rofiatu Amalia (2016) Pengembangan multimedia interaktif untuk kelas XI MIPA pokok bahasan dinamika rotasi / Rofiatu Amalia Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifin Rofiatu A. 2016. Pengembangan Multimedia InteraktifuntukKelas XI MIPA PokokBahasanDinamikaRotasi. Skripsi JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang Pembimbing (I) Dr. Edi Supriana M.Si (II) NurilMunfaridahS.Pd M.Pd. Kata Kunci multimedia interaktif dinamikarotasi Penggunaan media berbasis multimedia atauteknologipadapembelajaranmerupakanupayapemerintahmemenuhituntutan era globalisasi. Namun berda-sarkanhasilstudipendahuluandiketahuibahwasebagianbesar guru mengguna-kanmetodeceramahdan media power point yang berbasisteks. Kondisiinimengakibatkanpesertadidikkurangtermotivasidalampembelajarankhususnyamateridinamikarotasi. Pengkombinasianbeberapa media (multimedia) yang telahada dapatmengatasikondisitersebut. Berkaitandenganitu makadiperlukanpengembangan multimedia interaktifuntukpokokbahasandinamikarotasisertadiujikevalidandankepraktisannya. Penelitianinimenggunakan model pengembanganmenurut Borg and Gall yang diadaptasimenjadi 5 langkahyaitustudipendahuluan merencanakanpeneli-tian pengembangandesain ujicobaproduk danrevisiproduk. Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanteknikwawancaradanmengisiangketoleh validator danpengguna. Instrumen yang digunakanuntukmengumpulkan data adalahtranskripwawancaradanangket. Berdasarkanhasilanalisis data diperolehtigasimpulanhasilpe-nelitiansebagaiberikut. (1) Multimedia interaktif yang telahdikembangkanadalah media pembelajaranberbasiskomputer yang bersifatinteraktifdenganmengga-bungkanteks grafis gambar animasi dandilengkapidenganinteraktiftools. ProdukinidikembangkanmenggunakanSwishmaxdenganhasilakhirberbentukflashmovie (.swf). (2) Ujikevalidanterhadap multimedia interaktifinidilakukanolehdua validator ahli yaitudosenfisika UM dan guru fisika SMAN 1 Pare. Berdasarkananalisis data ujikevalidandapatdiketahuibahwa multimedia interaktifinidapatdinyatakanlayakataubaikdenganpresentase 88 9%. (3) Ujikepraktisandilakukanolehpengguna yaitu guru fisika SMAN 1 Pare dan 39 pesertadidik. Berdasarkananalisis data ujikepraktisandapatdiketahuibahwa multimedia interaktifinidapatdinyatakanpraktisdenganpresentase 100% oleh guru dan 97 8% olehpesertadidik. Multimedia dikembangkaninteraktifdengandilengkapipraktikum penda-lamankonsep contohsoal latihansoal danevaluasi.Selainitu produkiniberpeluanguntukmeningkatkanmotivasipesertadidikdandapatdigunakanoleh guru danpesertadidik. Namun disampingitujugamemilikikelemahanyaituterbataspadamaterimomengayadanmomeninersiasertabelumdiujisecaraempirismengenaiefisiensi multimedia.Bagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmengembangkanprodukinilebihlanjutdandiujiefiensinya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18670

Actions (login required)

View Item View Item