Pengembangan modul berbasis learning cycle 5E untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas X materi fluida statis / Rosiyanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul berbasis learning cycle 5E untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas X materi fluida statis / Rosiyanah

Rosiyanah (2016) Pengembangan modul berbasis learning cycle 5E untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas X materi fluida statis / Rosiyanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosiyanah. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X Materi Fluida Statis. Skripsi. Jurusan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Kadim Masjkur M.Pd dan (II) Drs. Purbo Suwasono M.Si Kata kunci Modul Learning Cycle 5E Keterampilan Proses Sains Fluida Statis Fisika merupakan salah satu cabang sains (Ilmu Pengetahuan Alam). Yaitu sekelompok pengetahuan mengenai objek dan fenomena alam yang diperoleh dari hasil pemikiran dan penelitian yang dilakukan dengan keterampilan bereksperimen dengan menggunakan metode ilmiah (podjiadi dalam Sukardinoyo 2013). Pada pelaksanaannya pembelajaran fisika disekolah dilakukan dengan metode ceramah dan menggunakan media power point sedangkan pembelajaran yang menggunakan laboratorium sangat jarang dilakukan. Untuk mengatasi permasalahan keterbatasan media pembelajaran dan aktivitas kegiatan eksperimen siswa dilaboratorium maka perlu dikembangkan modul pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan modul fisika berbasis learning cycle 5E untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA kelas X materi fluida statis mengetahui kelayakan produk modul fisika berbasis learning cycle 5E untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA kelas X berdasarkan validasi isi dan penyajian mengetahui kenaikan keterampilan proses sains siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall (1983). Adapun prosedur yang pengembangan yang dilakukan sebagai berikut 1) tahap pertama perencanaan melakukan pengumpulan data melalui survey lapangan dan studi pustaka 2) tahap kedua pengembangan produk menyusun indikator materi menyusun produk pengembangan modul fisika 3) tahap ketiga tahap pengujian produk uji kelayakan produk uji coba terbatas . Produk yang dihasilkan pada penelitian pengembangan ini adalah 1) Modul berbasis learning cycle 5E untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa dan 2) panduan penggunaan modul dalam pembelajaran didalam kelas untuk guru. Berdasarkan data validasi modul meliputi aspek kelayakan isi dan kelayakan penyajian diperoleh rata-rata validasi sebesar 3 67 dan 3 43. Berdasarkan skala rata-rata nilai yang sudah dicapai tersebut mendapatkan kriteria sangat valid/sangat layak. Selain itu hasil n-gain kenaikan keterampilan proses sains sebesar 0 60 dengan kriteria kenaikan sedang. Hal ini menunjukan bahwa modul learning cycle 5E dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini dapat disarankan bagi guru sebaiknya menggunakan modul berbasis learning cycle 5E untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan mengembangkan produk ini lebih lanjut pada materi yang berbeda dan model pembelajaran yang berbeda . Serta dengan menggunakan variasi desain modul yang lebih menarik variasi kegiatan keterampilan proses sains yang lebih banyak agar siswa semakin semangat dalam mempelajari fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18669

Actions (login required)

View Item View Item