Ubaidillah (2016) Pengembangan tes diagnostik pilihan ganda isomorfik pada materi kelistrikan / Ubaidillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ubaidillah. 2016. Pengembangan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Isomorfik pada Materi Kelistrikan. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si. (II) Sulur S.Pd. M.Si. M.TD. Kata Kunci diagnostik isomorfik miskonsepsi kategori konsepsi Assesmen merupakan salah satu elemen penting dalam pembelajaran. Melalui assesmen seorang guru dapat mengukur tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran dan mempertimbangkan proses pembelajaran berikutnya. Tujuan pembelajaran fisika adalah menguasai konsep dan prinsip. Alat assesmen yang baik tidak hanya mampu mendeteksi sejauh mana siswa telah menguasai materi namun juga mampu mengembangkan kemampuan berpikir dan meningkatkan hasil belajar siswa. Tes diagnostik berbentuk soal isomorfik sudah pernah dikembangkan untuk mendeteksi dan mengeksplor konsepsi siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan alat assesmen tes diagnostik pilihan ganda isomorfik untuk mengetahui dan menggali konsepsi siswa pada materi kelistrikan. Penelitaninimenggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkanolehReisnerdanMollenda yang hanyadiambil sampai langkah keempat. Langkah-langkahpengembangantersebut terdiri dari (1) Analysis (2) Desain (3) Develop dan (4) Implement.Sebelum tahap Implementatau uji cobadilakukan terlebih dahulu divalidasi oleh ahli. Produk yang telah direvisi kemudian diujicobakan secara terbatas kepada siswa kelas XII Science MA Bilingual Batu dan kelas XII MIPA 5 SMAN 8 Malang. Berdasarkan penilaian validator produk yang dihasilkan dinyatakan layak untuk mendiagnosis atau mengidentifikasi konsepsi siswa. 18 butir soal yang dikembangkan memiliki nilai rata-rata diatas 3 26 sehinggamasuk dalam kategori baik atau layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas XII MIPA 5 SMAN 8 Malang dan siswa kelas XII Science MA Bilingual Batu mengalami miskonsepsi pada materi kelistrikan. Miskonsepsi mengenai materi kelistrikan berdasarkan analisis instrumen tes diagnostik pilihan ganda isomorfik cukup sesuai dengan hasil jawaban siswa pada soal uraian dengan persentase kesesuaian rata-rata sebesar 78 49 %. Selain itu didapatkan hasil bahwa instrumen tes diagnostik pilihan ganda isomorfik mampu memetakan jenis atau kategori konsepsi serta membedakan antara siswa yang mengalami miskonsepsi dan siswa yang tidak paham konsep.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18668 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |