Pengaruh mind mapping dalam model pembelajaran learning cycle 5E terhadap prestasi belajar fisika pada pokok bahasan fluida statis siswa kelas X SMA Negeri 1 Dringu Kabupaten Probolinggo / Ferawaty - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh mind mapping dalam model pembelajaran learning cycle 5E terhadap prestasi belajar fisika pada pokok bahasan fluida statis siswa kelas X SMA Negeri 1 Dringu Kabupaten Probolinggo / Ferawaty

Ferawaty (2016) Pengaruh mind mapping dalam model pembelajaran learning cycle 5E terhadap prestasi belajar fisika pada pokok bahasan fluida statis siswa kelas X SMA Negeri 1 Dringu Kabupaten Probolinggo / Ferawaty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ferawaty. 2016. Pengaruh Mind Mapping dalam Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Prestasi Belajar Fisika pada Pokok Bahasan Fluida Statis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Dringu Kabupaten Probolinggo. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarjono M.Pd (II)Dr. Wartono M.Pd. Kata kunci Mind Mapping model Learning Cycle 5E Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh mind mapping dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap prestasi belajar Fisika pada pokok bahasan Fluida Statis. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Dringu Kabupaten Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment design dengan jenis pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 30 untuk kelas eksperimen dan 31 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrument tes prestasi belajar berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas reliabilitas taraf kesukaran dan daya pembedanya. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yakni uji normalitas dan homogenitas. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E menggunakan mind mapping lebih tinggi daripada peningkatan prestasi belajar kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E tanpa menggunakan mind mapping. Analisis data menggunakan uji-t gain score hasil perhitungan prestasi belajar pretest dan posttest kedua kelompok diperoleh nilai thitung sebesar 3 57 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (dk) 59 yaitu sebesar 2 039 maka dapat dikatakan bahwa thitung ttabel berarti hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar Fisika yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan mind mapping dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan kelompok siswa yang belajar tanpa menggunakan mind mapping dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E pada pokok bahasan Fluida Statis. Prestasi belajar kelompok siswa yang belajar menggunakan mind mapping dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih tinggi daripada prestasi belajar kelompok siswa yang belajar tanpa menggunakan mind mapping dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E pada pokok bahasan Fluida Statis. Pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan mind mapping berpengaruh terhadap prestasi belajar Fisika dibandingkan tanpa menggunakan mind mapping. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan mind mapping dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E berpengaruh dalam prestasi belajar Fisika dan sebagai saran alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran Fisika serta sebagai pertimbangan guru memperbaiki kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18666

Actions (login required)

View Item View Item