Analisis penguasaan konsep fisika pada pembelajaran level of inquiry-interactive demonstration berbantuan thinking maps kelas X di SMAN 1 Malang / Yuliasri Saragih - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penguasaan konsep fisika pada pembelajaran level of inquiry-interactive demonstration berbantuan thinking maps kelas X di SMAN 1 Malang / Yuliasri Saragih

Saragih, Yuliasri (2016) Analisis penguasaan konsep fisika pada pembelajaran level of inquiry-interactive demonstration berbantuan thinking maps kelas X di SMAN 1 Malang / Yuliasri Saragih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saragih Yuliasri. 2016. Analisis Penguasaan Konsep Fisika pada Pembelajaran Level of Inquiry-Interactive Demonstration berbantuan Thinking Maps Kelas X di SMAN 1 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika JurusanFisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (II) Drs. Asim M.Pd. Kata Kunci level of inquiry-interactive demonstration thinking maps penguasaan konsep Permasalahan besar dalam proses pembelajaran saat ini adalah kurangnya usaha pengembangan berpikir yang menuntun siswa untuk menguasai konsep. Salah satu konsep fisika yang dianggap siswa sulit adalah dinamika rotasi dan keseimbangan benda tegar. Pembelajaran yang cocok untuk permasalahan tersebut adalah level of inquiry-interactive demonstration berbantuan thinking maps. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran level of inquiry-interactive demonstration berbantuan thinking maps dan mengetahui peningkatan penguasaan konsep fisika siswa kelas X SMAN 1 Malang pada pembelajaran level of inquiry-interactive demonstration berbantuan thinking maps. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen yang dilengkapi dengan deskriptif kualitatif. Desain dalam penelitian ini adalah One Group Pre-test Post-test. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 7 SMAN 1 Malang. Instrumen penelitian terdiri atas silabus RPP lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran butir soal penguasaan konsep sebanyak lima soal uraian dan rubrik thinking maps. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pre-test post-test penugasan dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test Cohen s d-effect size normalized gain score dan deskriptif kualitatif. Pembelajaran level of inquiry-interactive demonstration berbantuan thinking maps terlaksana dengan baik dengan persentase keterlaksanaan di atas 80%. Berdasarkan hasil paparan data diperoleh hasil nilai rata-rata post-test sebesar 83 8. Hal tersebut menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa kelas X MIA 7 berada pada tingkatan C5. Artinya rata-rata siswa sudah mampu mengingat memahami menerapkan menganalisis dan mengevaluasi konsep dinamika rotasi dan keseimbangan benda tegar. Namun tingkat kognitif rata-rata kelas dalam pembuatan thinking maps berada pada tingkat C3. Tingkatan penguasaan konsep siswa tidak selalu sama dengan tingkatan kognitif siswa dalam membuat thinking maps. Hasil perhitungan uji paired sample t-test sebesar 27 5 nilai Cohen s d-effect size (d) yaitu 7 3 dengan interpretasi lebih besar sekali dari standar dan nilai N-gain untuk rata-rata pre-test dan post-test adalah 0 8 dengan interpretasi tinggi menunjukkan bahwa pembelajaran level of inquiry-interactive demonstration berbantuan thinking maps sangat berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18664

Actions (login required)

View Item View Item