Pengaruh pembelajaran inquiry-discovery melalui tinjauan empiris-teoritis terhadap kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep fisika ditinjau dari kemampuan awal peserta didik / Lilik Restiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran inquiry-discovery melalui tinjauan empiris-teoritis terhadap kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep fisika ditinjau dari kemampuan awal peserta didik / Lilik Restiani

Restiani, Lilik (2016) Pengaruh pembelajaran inquiry-discovery melalui tinjauan empiris-teoritis terhadap kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep fisika ditinjau dari kemampuan awal peserta didik / Lilik Restiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Restiani Lilik. 2016. Pengaruh Pembelajaran Inquiry-Discovery melalui Tinjauan Empiris-Teoritis terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep Fisika ditinjau dari Kemampuan Awal Peserta Didik. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. Wartono M.Pd (II) Drs. Sumarjono M.Pd. Kata Kunci pembelajaraninquiry-discovery tinjauan empiris-teoritis kemampuan berpikir kreatif penguasaan konsep Fisika kemampuan awal Tuntutan pembelajaran abad 21 adalah mengembangkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang salah satunya adalah berpikir kreatif karena HOTS merupakan dasar untuk menyelesaikan masalah dalam semua disiplin ilmu. Selain itu berdasarkan tuntutan kurikulum 2013 pembelajaran bertujuan untuk mengintegrasikan aspek kognitif afektif dan psikomotik dengan melibatkan peserta didik aktif belajar salah satunya melalui pembelajaran penyelidikan untuk menemukan konsep (pembelajaran inquiry-discovery). Dalam kegiatan penemuan konsep peserta didik melibatkan kemampuan awal dan kreativitasnya untuk mengidentifikasi masalah membuat hipotesis mengumpulkan data verifikasi dan menyimpulkan. Pembelajaran Fisika. Dengan pembelajaran yang demikian pengetahuan/konsep yang diperoleh peserta didikdapat lebih mudah dikuasainya dan dapat membekali peserta didik menjadi seorang ilmuwan.Berdasarkan hasil observasi pembelajaran yang dilakukan tiga kali pada bulan Oktober 2015 Januari dan Februari 2016 sertahasil wawancara kepada pendidik dan peserta didikdiperoleh hasil bahwa pembelajaran Fisika di SMA Negeri 8 Malangkurang melibatkan peserta didik untuk aktif belajar melalui kegiatan eksperimen dan observasi. Hal ini membuat pembelajaran Fisika menjadi kurang menarik dan membatasi peserta didik untuk mengembangkan kreativitasnya. Dengan demikian akan dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inquiry-discovery melalui tinjauan empiris-teoritis terhadap kemampuan berpikir kreatif (KBK) dan penguasaan konsep Fisika (PKF) yang ditinjau dari kemampuan awal peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experiment dengan desain posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Skor kemampuan awal diperoleh dari nilai ulangan harian materi sebelumnya (Usaha dan Energi). Skor tersebut digunakan untuk mengetahui kesamaan keadaan awal kedua kelas(menggunakan t-test) dan untuk mengelompokkan peserta didik berdasarkan tingkatan akademiknya. Data KBKdan PKFpeserta didik diperoleh dari tes materi momentum impuls dan tumbukan setelah dilakukan pembelajaran. Instrumen perlakuan yaitu RPP dan LKPD. Instrumen pengambilan data yaitu 9 soal uraian untuk KBK dan 20 soal pilihan ganda untuk PKF. Uji hipotesis menggunakan Anava AB dan uji Tukey. Berdasarkan uji hipotesis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inquiry-discovery melalui tinjauan empiris-teoritis dapat mempengaruhi KBK dan PKF peserta didik baik bagi peserta didik berkemampuan awal tinggi maupun rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18663

Actions (login required)

View Item View Item