Analisis penguasaan konsep fisika pada pembelajaran interactive demonstration dengan thinking maps pada materi fluida dinamis di SMAN 10 Malang / Nurlaila Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penguasaan konsep fisika pada pembelajaran interactive demonstration dengan thinking maps pada materi fluida dinamis di SMAN 10 Malang / Nurlaila Rahmawati

Rahmawati, Nurlaila (2016) Analisis penguasaan konsep fisika pada pembelajaran interactive demonstration dengan thinking maps pada materi fluida dinamis di SMAN 10 Malang / Nurlaila Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Nurlaila. 2016. Analisis Penguasaan Konsep Fisika pada Pembelajaran Interactive Demonstration dengan Thinking Maps pada Materi Fluida Dinamis di SMAN 10 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd (II) Era Budi Prayekti S.Pd M.Si. Kata Kunci interactive demonstration thinking maps penguasaan konsep Kurikulum 2013 mengedepankan kegiatan pembelajaran yang membantu penguasaan konsep peserta didik. Masalah yang dihadapi pendidikan di Indonesia adalah lemahnya proses pembelajaran di sekolah. Peserta didik menghafalkan dan mengingat informasi tanpa memahami informasi tersebut dan menghubungkannya dengan masalah di kehidupan sehari-hari. Anjuran penggunakan scientific approach (mengamati menanya menalar mencoba dan mengkomunikasikan) dengan model pembelajaran pendukung (discovery learning project based learning problem based learning dan inquiry learning dilakukan untuk mengedepankan penguasaan konsep peserta didik. Interactive demonstration dengan thinking map adalah pembelajaran yang dimana peserta didik menjelaskan dan membuat prediksi terhadap suatu permasalahan yang dibantu dalam mengorganisasikan pengetahuan yang dimiliki dengan thinking map. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran interactive demonsration dengan thinking maps pada penguasaan konsep peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA 2 SMAN 10 Malang. Instrumen penelitian berupa tes penguasaan konsep fisika untuk pre-test dan post-test yang diberikan kepada peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan. Pengujian instrumen melalui uji validitas reliabilitas daya pembeda dan tingkat kesukaran. Teknik analisi data yang digunakan menggunakan uji normalitas cohen d effect size dan uji t sampel berpasangan. Data yang dianalisis merupakan data gain score. Gain score merupakan selisih dari nilai post-test dan pre-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 93% 2) Rata-rata peserta didik kelas XI MIA 2 memiliki level penguasaan konsep C3 dan C4 3) level penguasaan konsep peserta didik tidak selalu sama dengan level pembuatan thinking maps. Berdasarkan hasil penelitian bagi guru fisika disarankan menerapkan pembelajaran interactive demonstration dengan thinking map untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik.Bagi peneliti lanjutan yang berminat melakukan penelitian sejenis disarankan untuk menganalisis keterkaitan antara thinking maps yang dibuat peserta didik dengan penguasaan konsep peserta didik pada saat post-test.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18660

Actions (login required)

View Item View Item