Alsana, Tanalina Husna (2016) Pengembangan lembar kerja proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP pada materi energi / Tanalina Husna Alsana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Alsana Tanalina Husna. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Energi. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Supriyono Koes Handayanto M.Pd M.A. (II) Nugroho Adi Pramono S.Si M.Sc. Kata kunci lembar kerja siswa model pembelajaran berbasis proyek kemampuan berpikir kreatif Pembelajaran sains tidak hanya fokus pada hasil yang diperoleh siswa melainkan juga proses yang dijalankan siswa proses yang dimaksud salah satunya adalah cara berpikir. Sebuah aspek penting dari berpikir adalah untuk dapat berpikir kreatif. Karakteristik berfikir kreatif yakni dapat berfikir secara divergen atau dapat menghasilkan banyak jawaban untuk pertanyaan yang sama ini sangat berkaitan dengan pembelajaran sains dalam menghasilkan alternatif pemecahan masalah. Siswa menunjukkan kemampuan memecahkan masalah lebih baik saat pembelajaran berbasis proyek dari pada kelas yang lebih tradisional. Berdasarkan pengamatan pada buku teks pelajaran dan penelitian pengembangan yang ada pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa belum tercapai sehingga perlu pengembangan lembar kerja proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan 5 langkah Research and Development yang dikemukakan oleh Borg dan Gall meliputi studi pendahuluan dan pengumpulan informasi perencanaan pengembangan produk awal uji coba produk tahap awal dan revisi produk utama. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi dan angket uji coba. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif berupa penilaian menggunakan skala Likert dan data kualitatif berupa saran dan komentar. Data kuantitatif dianalisis menggunakan teknik perhitungan nilai rata-rata. Hasil penelitian dan pengembangan berupa lembar kerja proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan validasi lembar kerja proyek memperoleh nilai rata-rata 3 35 dengan kriteria layak digunakan buku petunjuk pembelajaran proyek memperoleh nilai rata-rata 3 38 dengan kriteria layak digunakan dan website memperoleh nilai rata-rata 3 28 dengan kriteria layak digunakan. Berdasarkan uji coba terbatas diperoleh penilaian siswa terhadap lembar kerja proyek memperoleh nilai rata-rata 3 71 dengan kriteria mudah digunakan. Lembar kerja proyek dapat meningkatkan kreativitas siswa sebagaimana ditunjukkan pada komponen lembar kerja proyek yakni adanya bahan belajar yang disarankan komponen ini dapat memicu kemampuan berpikir kreatif siswa pada aspek kemampuan berpikir lancar karena memberikan kesempatan kepada siswa menginterpretasikan fenomena. Komponen lembar kerja proyek dapat memicu kreativitas siswa telah di validasi dengan nilai rata-rata 3 20 dengan kriteria cukup layak digunakan dalam meningkatkan kreativitas siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Mar 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18658 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |