Pamungkas, Dirga Akbar (2016) Pengembangan multimedia animasi interaktif berbasis masalah untuk Fisika SMA pokok bahasan Elektromagnet / Dirga Akbar Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pamungkas Dirga Akbar. 2015. Pengembangan Multimedia Animasi Interaktif Berbasis Masalah Untuk Fisika SMA Pokok Bahasan Elektromagnet. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Widjianto M.Kom. (II) Sulur S.Pd M.Si M.T.D. Kata Kunci multimedia animasi fisika berbasis masalah. Teknologi informasi dan komunikasi diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai sarana yang dapat membantu peningkatan mutu pendidikan di sekolah akan terapi pemanfaatan komputer tersebut masih kurang di dalam pembelajaran. Salah satu faktor penyebabnya adalah belum tercukupinya kebutuhan multimedia pembelajaran. Fisika dipandang tidak menarik dan membosankan yang membuat siswa menjadi pasif dan tidak kreatif untuk itu guru perlu melakukan berbagai usaha dalam menarik minat siswa. Salah satu caranya adalah melalui penggunaan multimedia animasi interaktif dalam pembelajaran. Banyak fenomena fisika atau proses fisis yang tidak dapat secara langsung maka dari itu animasi diharapkan dapat menggambarkan peristiwa tersebut sehingga membantu memudahkan penyerapan materi fisika yang abstrak. Pembelajaran harus dikembangkan pada ranah kognitif afektif dan psikomotorik tingkat tinggi melalui bantuan media agar siswa mampu memecahkan masalahnya secara kritis terampil dan inovatif. Salah satu caranyanya adalah dengan menggunakan multimedia pembelajaran yang dirancang khusus berbasis masalah. Dengan menyusun multimedia animasi interaktif berbasis masalah diharapkan dapat memenuhi kebutuhan program multimedia interaktif untuk menunjang kegiatan pembelajaran khusunya fisika dapat memvisualisasikan proses fisika dan dapat digunakan dalam pembelajaran agar siswa mampu memecahkan masalahnya secara kritis terampil dan inovatif. Metode yang digunakan pada pengembangan multimedia animasi interaktif berbasis masalah ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Model yang menjadi acuan pada penelitian ini adalah model pengembangan produk multimedia dari Luther dengan tahapan konsep (concept) desain (design) pengumpulan bahan (material collecting) pembuatan (assembly). Uji coba produk dilakukan kepada ahli untuk mengetahui kelayakan media dan materi dan kepada siswa untuk mengetahui tingkat kemudahan interaksi produk dengan pengguna. Animasi yang dihasilkan memiliki 6 tampilan yaitu 1) Home 2) Apersepsi 3) Masalah 4) Diskusi dan Presentasi 5) Pembahasan dan 6) Petunjuk. Hasil validasi media secara keseluruhan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelayakan media adalah 3 58 sedangkan validasi materi secara keseluruhan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelayakan materi adalah 3 69. Hasil uji coba terbatas kepada 20 siswa SMA kelas XII dapat disimpulkan bahwa media mudah untuk digunakan atau dioperasikan. Berdasarkan ketiga hasil tersebut maka multimedia animasi interaktif berbasis masalah ini sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Feb 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18656 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |