Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap prstasi belajar siswa kelas X MA Maarif Sukorejo pada materi Fluida Statis / Rachmi Latifah Sidiq - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap prstasi belajar siswa kelas X MA Maarif Sukorejo pada materi Fluida Statis / Rachmi Latifah Sidiq

Sidiq, Rachmi Latifah (2016) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap prstasi belajar siswa kelas X MA Maarif Sukorejo pada materi Fluida Statis / Rachmi Latifah Sidiq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sidiq Rachmi Latifah. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X MA Maarif Sukorejo pada Materi Fluida Statis. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Haryoto M.Pd (II) Dr. Muhardjito M.S. Kata Kunci Problem Based Learning (PBL) Prestasi Belajar Fluida Statis Fisika adalah ilmu pengetahuan yang paling mendasar karena berhubungan dengan perilaku dan struktur benda. Fisika merupakan pelajaran yang paling sukar dan kurang disenangi. Setidaknya ada beberapa hal yang menyebabkan anggapan bahwa fisika itu sulit dan membosankan. Pertama guru mata pelajaran fisika cenderung menggunakan metode ceramah. Guru sibuk menjelaskan rumus-rumus tanpa memperhatikan kondisi siswa. Kedua guru jarang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya pada teman sebaya mengenai hal yang tidak di mengerti. Ketiga seba gian besar guru fisika hanya menjelaskan rumus tanpa teori pendukungnya. Keempat guru jarang memperhatikan proses dari penyelesaian soal baginya yang terpenting adalah jawaban yang benar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) lebih tinggi dari pada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran direct instruction. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Kelas pertama menggunakan model pembelajaran problem based learning sedangkan kelas kedua menggunakan model pembelajaran direct instruction. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA MAARIF Sukorejo pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri atas 5 kelas dengan jumlah siswa 125. Hasil uji hipotesis diperoleh pada kemampuan awal siswa nilai ttabel 1 6736 dan thitung 0 1137. Karena -ttabel 8804 thitung 8804 ttabel maka H0 diterima yang berarti tidak terdapat perbedaan signifikan kemampuan awal siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran direct instruction. Hasil uji hipotesis pada prestasi belajar siswa diperoleh nilai ttabel 1 6736 dan thitung 5 854. Karena thitung ttabel maka H0 ditolak dengan demikian prestasi belajar fisika siswa yang di belajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi dari model pembelajaran fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menemukan model pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18655

Actions (login required)

View Item View Item