Fatmawati, Agustin (2016) Pengembangan multimedia powerpoint berisi soal-soal dan pembahasan pada materi suhu dan kalor untuk siswa kelas X MIA SMA / Agustin Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fatmawati Agustin 2015. Pengembangan Multimedia Powerpoint Berisi Soal-Soal dan Pembahasan pada Materi Suhu dan Kalor untuk Siswa Kelas X MIA SMA. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si. (II) Dr. H. Sutopo M.Si. Kata Kunci Multimedia Powerpoint Soal dan Pembahasan Suhu dan Kalor Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan multimedia powerpoint berisi soal-soal dan pembahasan pada materi suhu dan kalor untuk siswa kelas X MIA SMA. Penelitian pengembangan multimedia powerpoint berisi soal-soal dan pembahasan pada materi suhu dan kalor untuk siswa kelas X MIA SMA merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Menurut Sugiyono (2013 409) penelitian dan pengembangan memiliki 10 langkah. Pada penelitian ini menggunakan 7 dari 10 langkah yaitu 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba produk dan 7) revisi produk. Validasi dilakukan oleh ahli terhadap produk multimedia powerpoint dan soal beserta pembahasannya. Uji coba dilakukan untuk mengetahui tingkat keterbacaan siswa terhadap multimedia powerpoint. Hasil dari validasi dan uji coba terbatas digunakan untuk dasar revisi produk. Berdasarkan hasil validasi produk oleh validator didapatkan nilai rata-rata 3 38. Ini menujukkan bahwa produk multimedia powerpoint ini valid. Berdasarkan hasil validasi soal dan pembahasan oleh validator didapatkan nilai rata-rata dari ranah materi 3 77 dan 3 50 dari ranah konstruksi. Ini menujukkan bahwa soal dan pembahasan pada multimedia powerpoint ini valid. Berdasarkan hasil uji coba terbatas oleh siswa menyatakan bahwa produk menarik dan dapat meningkatkan motivasi belajar. Kekuatan produk yang dikembangkan terletak pada latihan pemecahan masalahnya. Produk yang dikembangkan fokus untuk melatih kemampuan pemecahan masalah (problem solving) siswa. Sehingga dalam multimedia powerpoint ini berisi soal-soal beserta penyelesaiannya. Kelemahan produk berkaitan dengan pemecahan masalah adalah variasi dan jumlah soal latihan yang dirasa kurang oleh peneliti produk yang dikembangkan tidak interaktif dan kesesuaian produk dengan pendekatan ilmiah masih kurang. Selain itu efektivitas produk untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik belum dapat diketahui karena produk belum diujikan penggunaannya dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Feb 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18654 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |