Pengembangan video pembelajaran asas Bernoulli untuk siswa kelas XI pada kegiatan belajar mandiri / Septy Diah Sulistyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video pembelajaran asas Bernoulli untuk siswa kelas XI pada kegiatan belajar mandiri / Septy Diah Sulistyowati

Sulistyowati, Septy Diah (2016) Pengembangan video pembelajaran asas Bernoulli untuk siswa kelas XI pada kegiatan belajar mandiri / Septy Diah Sulistyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulistyowati Septy Diah. 2015.Pengembangan Video Pembelajaran Asas Bernoulli untuk Siswa Kelas XI pada Kegiatan Belajar Mandiri. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si (II) Dr. Muhardjito M.S. Kata Kunci Video Pembelajaran Asas Bernoulli Belajar Mandiri Pemahaman konsep fisika siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Srengat dirasakan kurang memuaskan. Siswa mengalami kesulitan mengerjakan soal apalagi jika tidak ada contoh soal yang sejenis. Dampak yang ditimbulkan adalah 52% siswa tidak dapat mencapai KKM. Idealnya program remedial dimulai dari menjelaskan ulang materi kemudian diakhiri ujian perbaikan namun kenyataan yang dilakukan guru adalah pemberian ujian perbaikan saja. Kendala yang dihadapi guru adalah keterbatasan waktu. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan media berupa video pembelajaran yang dapat dijadikan sumber belajar siswa saat belajar mandiri. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan video pembelajaran pada materi asas Bernoulli dan menguji kelayakannya. Penelitian dan pengembangan mengacu pada metode yang dikembangkan oleh Sadiman dkk. Langkah-langkah dalam metode pengembangan ini adalah menganalisis kebutuhan merumuskan tujuan merumuskan butir-butir materi mengembangkan alat ukur keberhasilan menulis naskah media dan mengadakan tes dan revisi. Uji coba produk ini terdiri atas validasi isi dan konstruk serta uji coba terbatas yang dilakukan pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Srengat. Analisis data kuantitatif pada hasil uji coba produk dilakukan menggunakan perhitungan persentase nilai rata-rata yang hasilnya menentukan tingkat kelayakan produk. Data kualitatif yang diperoleh berupa catatan dan saran digunakan sebagai acuan untuk merevisi produk. Hasil validasi isi video diperoleh nilai 83% dan 85% untuk validasi konstruk video sedangkan hasil uji coba terbatas adalah 78%. Persentase rata-rata yang diperoleh dari keseluruhan hasil uji coba adalah 82% sehingga produk dapat dikatakan layak. Kelebihan video pembelajaran ini adalah (1) dapat dilihat menggunakan perangkat elektronik yang memiliki fasilitas pemutar video termasuk smartphone yang dimiliki sebagian besar siswa (2) menggunakan fenomena yang pernah dialami siswa sebagai ilustrasi (3) materi dijelaskan secara runtut mulai dari apersepsi sampai uji kemampuan menggunakan teks dan narasi (4) dilengkapi dengan video pembuatan alat sederhana sehingga siswa dapat mencoba dan membuktikan sendiri penerapan konsep. Kekurangan video pembelajaran ini adalah kurangnya interaksi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18652

Actions (login required)

View Item View Item