Verlinda, Sherly (2016) Penerapan pembelajaran guded inquiry untuk meningkatkan penguasaan konsep pada topik pemantulan pada cermin datar dan lengkung siswa SMAN 3 Malang / Sherly Verlinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Verlinda Sherly. 2015. Penerapan Pembelajaran Guided Inquiryuntuk Meningkatkan Penguasaan Konsep pada TopikPemantulanPadaBidangDatardanLengkungSiswa di SMAN 3 Malang. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutopo M.Si (I) Drs. Kadim Masjkur M.Pd. Kata Kunci guided Inquiry pemantulanpadabidangdatardanlengkung penguasaan konsep Optik adalah topik yang banyak berkaitan dengan fenomena kehidupan sehari-hari pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari seharusnya membuat siswa lebih mudah memahami konsep optik secara faktual. Siswa akan mengkonstruk pengalaman belajarnya dengan konsep-konsep yang diajarkan di kelas sehingga menghasilkan pembelajaran yang bermakna. Namun temuan pada penelitian yang berkaitan dengan konsep optik menunjukan bahwa penguasaan konsep siswa masih cukup rendah. Sejumlah peneliti telah melakukan penelitian untuk memperbaiki penguasaan konsep siswa pada materi optik dengan beberapa model dan media pembelajaran.Namun masihmenyisakanbeberapapermasalahan.Guided Inquirydapatmembantupesertadidik dalam mencari dan menyelidiki secara sistematis kritis logis analitis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan bantuan pertanyaan panduan. PenelitianinibertujuanmengetahuiefektifitaspembelajaranGuided Inquiryterhadapsalahsatutopikoptik pemantulanpadacermindatardanlengkung.Efektivitas pembelajaran dilihat dari aspek penguasaan siswa terhadap materi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experiment one group pretest posttest yang dilengkapi dengan analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 5 SMAN 3 Malang yang terdiri atas 29 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest observasi lembar kerja siswa dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Guided Inquirydapat meningkatkan skor penguasaan konsep siswa tentang kalor dengan efek size lebih besarsekali dari standart yaitu 2 626 dan dengan N-gain dalam kategori medium atas yaitu 0.46.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18650 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |