Pengembangan instrumen assesment for learning berbasis web untuk mata kuliah Fisika Dasar 2 / Maulidiyah Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen assesment for learning berbasis web untuk mata kuliah Fisika Dasar 2 / Maulidiyah Rahmawati

Rahmawati, Maulidiyah (2015) Pengembangan instrumen assesment for learning berbasis web untuk mata kuliah Fisika Dasar 2 / Maulidiyah Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Maulidiyah. 2015. Pengembangan Instrumen Assessment for Learning Berbasis Web untuk Fisika Dasar 2. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sentot Kusairi M.Pd. (2) Sugiyanto S.Pd M.Si Kata kunci Assessment for Learning feedback Fisika Dasar 2 Salah satu elemen penting dalam pembelajaran adalah asesmen. Terdapat beberapa jenis asesmen dalam pembelajaran salah satunya adalah assessment for learning. Asesmen ini penting dilakukan dalam pembelajaran untuk meningkatkan proses pembelajaran namun selama ini kurang terlaksana secara optimal karena tidak dilakukan secara rutin dan tidak disertai dengan pemberian feedback. Penelitian dan pengembangan instrumen assessment for learning berbasis web untuk Fisika Dasar 2 dilakukan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangan serta menguji kelayakan instrumen assessment for learning berbasis web untuk Fisika Dasar 2. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan modifikasi berdasarkan model penelitian dari Sukmadinata (2013). Tahap penelitian ini meliputi studi pendahuluan pengembangan produk dan uji coba. Tahap studi pendahuluan terdiri dari studi pustaka studi lapangan dan pengembangan draft awal produk. Tahap pengembangan produk meliputi penyusunan instrumen uji kelayakan pengembangan instrumen uji validasi dan revisi produk awal. Tahap uji coba dilakukan dengan uji coba terbatas kepada mahasiswa dan dilakukan revisi produk akhir. Hasil penelitian dan pengembangan menghasilkan produk instrumen Assessment for Learning berbasis web untuk mata kuliah Fisika Dasar 2 dengan kriteria baik dan layak. Paket soal pre-flight dan self test untuk seluruh materi pokok memiliki nilai rata-rata yang bervariasi antara 3 32 hingga 4. Kelayakan dari spesifikasi produk juga memiliki nilai rata-rata diatas 3 25 sedangkan pedoman penggunaan untuk memiliki nilai kelayakan 3 67 pada aspek tampilan dan nilai kelayakan 4 pada aspek isi. Instrumen Assessment for Learning telah diujicobakan kepada 29 mahasiswa dan memiliki nilai angket keterbacaan sebesar 3 267. Berdasarkan hasil uji coba instrumen dapat membantu meningkatkan proses pembelajaran Fisika Dasar 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18649

Actions (login required)

View Item View Item