Pengaruh PBL disertai asesmen formatif terhadap hasil belajar fisika kelas X pada pokok bahasan kalor / Wahyu Lianawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh PBL disertai asesmen formatif terhadap hasil belajar fisika kelas X pada pokok bahasan kalor / Wahyu Lianawati

Lianawati, Wahyu (2015) Pengaruh PBL disertai asesmen formatif terhadap hasil belajar fisika kelas X pada pokok bahasan kalor / Wahyu Lianawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lianawati Wahyu. 2015. Pengaruh PBL disertai Asesmen Formatif terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X pada Pokok Bahasan Kalor. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sentot Kusairi Dr. Msi (II) Sujito S.Pd S.Si Kata Kunci PBL asesmen formatif hasil belajar Upaya pendidik untuk mencapai keberhasilan dalam pengajarannya melalui asesmen salah satunya dengan menerapkan asesmen formatif. Asesmen formatif bertujuan agar pendidik dapat mengetahui sejauh mana para siswa telah memahami materi pembelajaran dan juga untuk mengetahui kelemahan-kelemahan yang terjadi pada proses pembelajaran seperti ketepatan penggunaan metode mengajar media pembelajaran dan sistem asesmen yang digunakan dalam proses pembelajaran tersebut. Pada umumnya kemampuan akademik siswa di kelas heterogen. Kondisi seperti ini merupakan suatu kesulitan bagi guru khususnya di SMA Pawyatan Dhaha Kediri dalam mengelola suatu pembelajaran. Oleh karena itu guru dituntut mampu mengatasi hal seperti itu dengan menentukan dan menetapkan suatu metode yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang merupakan produk tetapi juga proses suatu pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk berfikir kritis adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh PBL disertai asesmen formatif untuk mendukung pembelajaran fisika pada materi kalor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu yang dilaksanakan di SMA Pawyatan Dhaha Kediri dengan melibatkan dua kelas sebagai subjek penelitian. Data diambil dari nilai postes siswa dan selanjutnya dilakukan analisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah prestasi belajar siswa yang mendapat PBL disertai asesmen formatif lebih tinggi dari siswa yang tidak mendapat PBL disertai asesmen formatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18648

Actions (login required)

View Item View Item