Pengembangan bahan ajar fisika berbasis kontekstual dengan materi momentum dan impuls untuk siswa SMA XI / Muhammad Maliki - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika berbasis kontekstual dengan materi momentum dan impuls untuk siswa SMA XI / Muhammad Maliki

Maliki, Muhammad (2015) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis kontekstual dengan materi momentum dan impuls untuk siswa SMA XI / Muhammad Maliki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maliki Muhammad. 2015. PengembanganBahan Ajar Fisika BerbasisKontekstual denganMateri Momentum dan Impuls untukSiswaSMA KelasXI. Skripsi JurusanPendidikanFisika FMIPA UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. (II) Dra. Endang Purwaningsih M.Si.. Kata kunci pengembangan bahan ajar Fisika Kontekstual momentum dan impuls MenurutKurikulum2013 yang digunakan di sekolahsaatini khsusunya di Kota Malang matapelajaranFisika dituntut untut lebih aplikatif.PembelajaranFisika tersebutharus dilakukansecaramenarik dan aplikatif namunbahan ajar Fisika yang diinginkan belumbanyaktersedia di masyarakat.Penelitianinibertujuanuntukmengembangkanbahan ajar Fisika berbasisKontekstual yang dapatdigunakanolehsiswaSMA kelasXI sertamengukurkelayakanbahan ajar tersebut.Materi yang diangkat dalambahan ajar iniadalahMomentum dan Impuls.Dalammateri initerdapat 3 Indikator Keberhasilan dari StandarKompetensi(SK) danKompetensiDasar (KD) yang ada. Penelitian pengembangan bahan ajar inimenggunakandesainpenelitianpengembangan (Research and Development) yang dikemukakanoleh Borg dan Gall tahun 1983. Tahap-tahap yang dilakukanmeliputistudipendahuluan pengembangandrafproduk penilaiandrafprodukdanrevisidrafproduk. Penilaiandrafprodukdilakukanolehduadosendaribidangfisikadandua guru Fisika SMA.Penilaianuntukmengukurkelayakanbahan ajar menggunkanangket dengan kriteriakelayakanbahan ajar yang digunakan yaitu rentanganskala. Hasilpenelitianiniberupabahan ajar Fisika berbasisKontekstual denganmateri momentum dan impuls yang dapatdigunakanolehsiswa SMA kelasXI.Bahan ajar hasilpengembanganberupabuku ajar dalambentukteks40 halaman yang terdiridaribagianpendahuluan isidanakhir.Bagianpendahuluanterdiridaricover daftarisi/gambar indikatorhasilbelajar danpetakonsep. Bagianisiterdiridarimateribahan ajar danlembarkegiatansiswasertabagianakhirterdiridarirangkuman soalevaluasi kuncijawaban glosariumdandaftarpustaka.Setelah diuji bahan ajar yang dikembangkansecara umum telahmemenuhikriteriasangatlayakdengannilai 3 22dariskala 1-4. Perolehan nilai inidari rata-rata nilaikelayakanisi kelayakanpenyajian dankomponen-komponen yang terdapatdalambahan ajar. Beberapa keunggulanbahan ajar yang dikembangkandiantaranya (1) sesuai dengan tuntutan kurikulum yang diinginkan di SMA saatiniyaituKurikulum 2013 (2) mengajak siswa mengkonstruk pengetahuannya sendiri karena terdapat praktikum (3) penjelasan mengenai konsep tertentu diawali dengan contoh-contoh menarik dan ada dalam kehidupan sehari-hari peserta didik dan (4) pembahasan materi dilakukan secara kontekstual sehingga siswa dapat mengaplikasikan materi dalam kehidupan nyata. Kekuranganbahan ajar yang dikembangkanadalah (1) materi kurangluas dan (2) pada bagian tertentu tulisan sulit terbaca dan (3) konsep dasar Fisika di materi yang lain sedikit yang dimuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18647

Actions (login required)

View Item View Item