Studi tentang penilaian autentik pada pembelajaran berbasis proyek materi optika geometri kelas X di SMAN 4 Malang / Dheka Januarifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang penilaian autentik pada pembelajaran berbasis proyek materi optika geometri kelas X di SMAN 4 Malang / Dheka Januarifin

Januarifin, Dheka (2015) Studi tentang penilaian autentik pada pembelajaran berbasis proyek materi optika geometri kelas X di SMAN 4 Malang / Dheka Januarifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Januarifin Dheka. 2014. Studi tentang Penilaian Autentik pada Pembelajaran Berbasis Proyek Materi Optika Geometri Kelas X di SMAN 4 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd (II) Drs. Sumarjono M.Pd. Kata Kunci penilaian autentik pembelajaran berbasis proyek optika geometri Pembelajaran berbasis proyek adalah salah satu model pembelajaran yang disarankan kurikulum 2013. Pelaksanaan model pembelajaran tersebut pada pelajaran fisika diharapkan dapat mengembangkan kemampuan siswa pada ranah afektif kognitif dan psikomotor. Hasil wawancara menunjukkan bahwa penilaian autentik pada pembelajaran berbasis proyek sudah diterapkan namun pelaksanaannya masih kurang maksimal. Guru menerapkan penilaian autentik hanya sebatas pemahamannya. Dari uraian latar belakang diatas perlu dilakukan penelitian deskriptif tentang penilaian autentik. Penelitian bertujuan mendeskripsikanimplementasi penilaian autentik danhasil belajar siswa SMAN 4 malang. Penelitian dilaksanakan selama materi optika geometri dan terdiri empat pertemuan. Siswa diberi tugas proyek berupa teleskop sederhana. Dengan adanya tugas proyek tersebut diharapkan siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri dari pengalaman nyata. Tugas proyek dikumpulkan di akhir pertemuan materi optika geometri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan yang terjadi dalam pembelajaran secara apa adanya melalui pengumpulan data. Data-data tersebut dipaparkan dalam bentuk kalimat. Data penelitian berupa nilai sikap nilai tugas proyek nilai produk proses penilaian sikap proses penilaian proyek proses penilaian produk dan resepon terhadap penilaian autentik. Pengumpulan data diperoleh dari observasi dan wawancara. Kegiatan analisis kuantitatif untuk data nilai sikap nilai tugas proyek proses penilaian sikap proses penilaian proyek dan proses penilaian produk. Analisis kualitatif untuk data hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran berbasis proyek terlaksana dengan sangat baik. Hasil belajar siswa pada ranah afektif mengalami penurunan pada pertemuan kedua dan mengalami kenaikan pada pertemuan ketiga dan keempat. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan psikomotor berupa kemampuan menghasilkan produk dapat menyusun laporan proyek membangun sendiri pengetahuannya dan dapat menerapkan pengetahuannya dalam kehidupan nyata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18646

Actions (login required)

View Item View Item