Ananda, Esa Chory Rizky (2015) Pengaruh pembelajaran inquiry argumentatif terhadap pemahaman konsep siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Malang pada pokok bahasan pembiasan cahaya / Esa Chory Rizky Ananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ananda Esa Chory Rizky. 2015. Pengaruh Pembelajaran Inquiry Argumentatif terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 3 Malang pada Pokok Bahasan Pembiasan Cahaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sutopo M.Si (2) Drs. Purbo Suwasono M.Si. Kata Kunci Inquiry Argumentatif pemahaman konsep siswa Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada subbab pembiasan cahaya. Banyak ditemui kurangnya pemahaman konsep siswa terhadap pembelajaran optik hal ini disebabkan karena pengetahuan awal siswa yang salah dan kurangnya keterampilan proses siswa dalam pembelajaran. Model pembelajaran Inquiry argumentatif merupakan salah satu model pembelajaran yang cocok untuk mencapai tujuan tersebut. Model pembelajaran ini menuntut agar siswa aktif dalam belajar. Melalui model pembelajaran ini diharapkan pemahaman konsep siswa pada materi optika meningkat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian mixed method jenis embedded design. Peneliti menggunakan gabungan metode kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif digunakan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep siswa tentang optik sedangkan data kualitatif digunakan untuk memaparkan kegiatan siswa selama pembelajaran. Data didapatkan dari skor pretest dan posttest. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa perangkat pembelajaran materi pembiasan cahaya serta butir soal tes yang dianalisis dengan uji validitas dan reliabilitas. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan deskriptif statistik uji normalitas dan uji-t. Keefektifan pembelajaran diukur menggunakan Cohen s d-effect size dan rata-rata gain ternormalisasi (N-gain). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi sebesar .000. sedangkan hasil analisis keefektifan pembelajaran didapatkan nilai d-effect size 1 98 dan nilai N-gain 0 46. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry argumentatif. Peningkatan rata-rata pemahaman konsep siswa pada materi pembiasan pada cahaya sebesar 29 2%. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Sep 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18645 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |