Saputri, Vety Alvionita (2015) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis masalah materi pemanasan global untuk SMA kelas XI / Vety Alvionita Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Saputri Vety Alvionita. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Masalah Materi Pemanasan Global untuk SMA Kelas XI. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd (II) Dra. Chusnana I. Y. M.Si. Kata Kunci bahan ajar berbasis masalah pemanasan global Bahan ajar merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan untuk terlaksananya suatu proses pembelajaran. Dalam Permendikbud No. 103 Tahun 2014 disebutkan bahwa selain proses interaksi antarsiswa pembelajaran juga merupakan proses interaksi antara siswa dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Melalui observasi dan penyebaran angket sebagian besar buku yang beredar terutama materi pemanasan global penyampaian penjelasannya masih terkesan hanya memberi informasi satu arah tanpa membimbing siswa membangun sendiri pengetahuannya. Terkait dengan kenyataan yang ada maka dibutuhkan adanya pengembangan bahan ajar berbasis masalah. Bahan ajar berbasis masalah ini akan menjadikan siswa lebih mudah memahami fisika dengan membangun konsepnya sendiri dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji kelayakan bahan ajar fisika berbasis masalah materi pemanasan global untuk SMA kelas XI. Penelitian ini menggunakan langkah-langkah yang diadaptasi dari penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Dari sepuluh tahap Borg and Gall hanya lima tahap yang diadaptasi dalam penelitian ini. Tahap-tahap tersebut adalah penelitian dan pengumpulan data perencanaan pengembangan draf produk uji coba lapangan awal meliputi uji validasi dan uji coba terbatas dan revisi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket disertai lembar komentar dan saran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis perhitungan nilai rata-rata yang diadaptasi dari Arikunto dan analisis deskriptif kualitatif. Uji coba lapangan awal yang dilakukan meliputi uji validasi kepada ahli (2 guru fisika) dan uji coba terbatas kepada 12 siswa SMA kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar dinyatakan layak dengan kriteria kelayakan 3 56 oleh validator dan 3 52 pada uji coba terbatas. Jadi dapat disimpulkan bahwa bahan ajar dikategorikan layak untuk digunakan dengan beberapa revisi. Pengembangan bahan ajar lebih lanjut dapat dilakukan melalui uji empirik dengan sampel yang lebih luas sebelum bahan ajar siap diterbitkan dan digunakan dalam pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Sep 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18644 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |