Pengembangan model fasilitasi untuk kegiatan siswa menanya pada pembelajaran fisika berbasis pendekatan saintifik pokok bahasan gejala dan karakteristik gelombang / Yonli Zhana Nurlillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model fasilitasi untuk kegiatan siswa menanya pada pembelajaran fisika berbasis pendekatan saintifik pokok bahasan gejala dan karakteristik gelombang / Yonli Zhana Nurlillah

Nurlillah, Yonli Zhana (2015) Pengembangan model fasilitasi untuk kegiatan siswa menanya pada pembelajaran fisika berbasis pendekatan saintifik pokok bahasan gejala dan karakteristik gelombang / Yonli Zhana Nurlillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurlillah Yonli Zhana. 2015. Pengembangan Model Fasilitasi untuk Kegiatan Siswa Menanya pada Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Gejala dan Karakteristik Gelombang. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sugiyanto S.Pd M.Si (II) Dr. Wartono M.Pd. Kata Kunci kegiatan siswa menanya model fasilitasi gejala dan karakteristik gelombang. Hasil pengamatan pembelajaran fisika di beberapa sekolah yang memakai kurikulum 2013 menunjukkan bahwa kegiatan siswa menanya belum terlaksana dengan baik. Saat diberi kesempatan bertanya hanya sedikit siswa yang bertanya atau bahkan tidak ada sama sekali. Partisipasi siswa dalam kegiatan menanya sangat rendah. Guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran seharusnya memfasilitasi siswa untuk melakukan kegiatan menanya. Oleh karena itu diperlukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan produk model fasilitasi untuk kegiatan siswa menanya pada pembelajaran fisika berbasis pendekatan saintifik pokok bahasan gejala dan karakteristik gelombang. Penelitian pengembangan dilaksanakan dengan metode penelitian pengembangan Borg dan Gall yang sudah dimodifikasi. Langkah-langkah penelitian pengembangan tersebut adalah (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi produk (5) revisi produk dan (6) uji coba terbatas. Validasi dilakukan oleh dua dosen jurusan fisika FMIPA UM. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Jenis data penelitian adalah data kuantitatif yang berupa skor dari validator dan data kualitatif yang berupa komentar dan saran. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik rata-rata. Uji coba produk dilaksanakan kepada 22 siswa kelas XI SMA. Uji coba dilaksanakan untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan kegiatan menanya. Model fasilitasi kegiatan siswa menanya terdiri dari Skenario Kegiatan Siswa Menanya (SKSM) Skenario Fasilitasi Kegiatan Siswa Menanya (SFKSM) serta rancangan penggunaan alat bahan media dan sumber belajar. Hasil validasi menunjukkan skor untuk SKSM sebesar 3 55 dan untuk SFKSM sebesar 3 53 sehingga produk SKSM dan SFKSM dapat dinyatakan valid. Pada perencanaan penggunaan alat bahan media serta sumber belajar diperoleh skor validasi 3 16 sehingga dapat dinyatakan cukup valid. Hasil dari angket tanggapan siswa setelah dilaksanakannya uji coba menunjukkan skor rata-rata 3 13 yang berarti bahwa siswa setuju telah melaksanakan setiap tahapan pada kegiatan menanya yang sesuai dengan SKSM. Pada kesimpulan angket diperoleh skor rata-rata 3 18 yang berarti bahwa siswa setuju fasilitasi kegiatan siswa menanya telah memfasilitasi siswa dalam kegiatan menanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18643

Actions (login required)

View Item View Item