Pengembangan bahan ajar fisika bermuatan Science Environment Technology Society (SETS) pokok bahasan fluida satatis untuk siswa SMA/MA kelas X / Zul Farida Arini

Arini, Zul Farida (2015) Pengembangan bahan ajar fisika bermuatan Science Environment Technology Society (SETS) pokok bahasan fluida satatis untuk siswa SMA/MA kelas X / Zul Farida Arini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arini, Zul Farida. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Bermuatan Science Environment Technology Society (SETS) Pokok Bahasan Fluida Statis untuk Siswa SMA/MA Kelas X. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sutarman, M.Pd., (II) Drs. Kadim Masjkur, M.Pd. Kata Kunci: bahan ajar fisika, SETS, fluida statis Pembelajaran fisika pada Kurikulum 2013 dilakukan dengan scientific approach yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Pembelajaran fisika tidak hanya menekankan pada pemahaman sains semata namun juga menghubungkan sains dengan unsur lain yaitu lingkungan, teknologi, dan masyarakat. Pengamatan bahan ajar di pasaran dan bahan ajar yang digunakan di sekolah, serta pengisian angket oleh 98 siswa menunjukkan bahwa pada pokok bahasan fluida statis, bahan ajar yang ada belum sepenuhnya mendukung pembelajaran bermuatan science, environment, technology, society (SETS) yang sesuai dengan scientific approach sehingga perlu pengembangan bahan ajar fisika yang dapat mengatasi masalah tersebut. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan 5 langkah Research and Development yang dikemukakan oleh Borg and Gall meliputi studi pendahuluan dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba produk tahap awal, dan revisi produk utama. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi dan angket uji coba terbatas. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif berupa penilaian menggunakan skala Likert dan data kualitatif berupa saran dan komentar. Data kuantitatif dianalisis menggunakan teknik perhitungan nilai rata-rata. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif model Miles and Huberman. Hasil penelitian dan pengembangan berupa bahan ajar fisika bermuatan SETS pokok bahasan fluida statis. Berdasarkan validasi oleh 3 orang guru fisika SMA, buku siswa memperoleh nilai rata-rata 3,71 dengan kriteria valid/layak digunakan dan buku panduan guru memperoleh nilai rata-rata 3,83 dengan kriteria valid/layak digunakan. Sedangkan hasil uji coba terbatas pada 25 siswa kelas X MIA SMA BSS Malang menujukkan bahwa buku siswa memperoleh nilai rata rata 3,61 dengan kriteria mudah digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18642

Actions (login required)

View Item View Item