Fitriani, Meda Cahya (2015) Pengaruh model learning cycle 5E disertai teknik mind mapping terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang / Meda Cahya Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fitriani Meda Cahya. 2015. Pengaruh Model Learning Cycle 5E Disertai Teknik Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarjono M.Pd. (II) Dr. Parno M.Si. Kata Kunci Learning Cycle 5E Mind Mapping Prestasi Belajar Fisika Tanpa keaktifan siswamencerna mendalami dan merumuskannya sendiri siswa tidak akan memperoleh pengetahuan.Hasil observasi awal pada pembelajaran fisika kelas X di SMA Negeri 1 Malang menunjukkan bahwa siswa tidak belajar secara aktif. Pada saat belajar dalam kelompok siswa membagi tugas sehingga mereka tidak melakukan kegiatan mencerna mendalami dan merumuskan pengetahuan secara utuh. Siswa tidak memiliki catatan pribadi tentang pengetahuan yang mereka dapatkan sehingga mereka tidak bisa mengulas kembali pengetahuan yang telah didapatkan.Beberapa penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkanprestasi belajar siswa dan banyak peneliti menyatakan bahwa teknik mind mapping merupakan teknik pencatatan yang dapat meningkatkan memori jangka panjanginformasi faktual. Kombinasi model pembelajaran dan teknik pencatatan tersebut perlu diteliti dampaknya terhadap prestasi belajar fisika sebelum diterapkan pada pembelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi (quasi experiment) dengan menggunakan dua kelompok siswa yaitu kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model Learning Cycle5Edisertai teknik mind mappingdankelompok siswa yang belajar dengan cara konvensional.Penelitian ini dilakukan pada pelajaran fisika materi suhu dan kalor di kelas X. Penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Berdasarkan hasil analisis data pretest prestasi belajar fisika kedua kelompok siswa tidak berbeda. Hasil observasi pembelajaran memperlihatkan bahwa kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model Learning Cycle5Edisertai teknik mind mappingbelajar secara aktif selama pembelajaran sedangkan kelompok siswa yang belajar dengan cara konvensional tidak belajar secara aktif sejak memasuki tahap kegiatan inti hingga akhir pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data posttest prestasi belajar fisika kelompok siswa yang belajar dengan model Learning Cycle 5E disertai teknik mind mapping lebih tinggi daripada kelompok siswa yang belajar dengan cara konvensional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18640 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |