Pengembangan media pembelajaran remedial dengan aplikasi mobile learning pokok bahasan suhu dan kalor untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMA / Dian Septa Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran remedial dengan aplikasi mobile learning pokok bahasan suhu dan kalor untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMA / Dian Septa Puspitasari

Puspitasari, Dian Septa (2015) Pengembangan media pembelajaran remedial dengan aplikasi mobile learning pokok bahasan suhu dan kalor untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMA / Dian Septa Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitasari Dian Septa 2015.Pengembangan Media Pembelajaran Remedial denganAplikasiMobile LearningPokokBahasanSuhudanKaloruntukMeningkatkanPrestasiBelajarSiswa SMA Kelas X. Skripsi Program StudiPendidikanFisika JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. SupriyonoKoesHandayanto M.Pd M.A. (II) Drs. Widjianto M.Kom. Kata kunci remedial mobile learning prestasibelajar Berdasarkanhasilanalisispenguasaanmaterisoalfisika BSNP (2013) UN SMA tahunpelajaran 2012/2013 untukwilayahMalang materisuhudankalormemilikipresentaseterendahkedua. Kurangnyapenguasaanmateriinidapatmenyebabkansiswatidaktuntaskriteriaketuntasan minimal (KKM) yang berakibatpadarendahnyaprestasibelajarsiswa sehinggasiswaharusmenempuhpembelajaran remedial.Pembelajaran remedial yang selamainiada disekolahdiantaranyadilakukandenganujianulangtanpaadanyapembelajaranulangdanpemberiantugas. Hal inijugaberkaitandenganalokasiwaktusaatdiadakanpengakajianulang makaakanmemakanwaktumateri lain yang harusdipelajari. Untukituperluadanya media pembalajaran remedial denganaplikasimobile learning yang dapatdiaksessiswadimanasajadankapansajasecarapraktis.Perludikembangkan media pembelajaran remedial denganaplikasimobile learning pokokbahasansuhudankalor. Metodepenelitiandanpengembanganmenggunakanrancanganpengembangan Borg dan Gall (1983).Metodepengumpulan data yang digunakanuntukmengetahuivaliditasprodukpengembanganyaitumetodeangketdanhasilimplementasipre-testdanpost-test one group design.Instrumen yang digunakanuntukpenelitianiniadalahangketdenganskalaLikert instrumenangketpenilaianterhadappenggunaolehsiswadaninstrumentes yang telahdivalidasikontenolehtimahlibersamaandenganvalidasiproduk. Data yang didapatberupa data kuantitatifdankualitatifberdasarkanhasilvalidasiahlidanujipenilaianterhadappengguna.Sedangkanhasilimplementasidiperolehnilaipre-testdanpost-testuntukmengetahuipeningkatanprestasibelajarsiswa. Hasilpenelitianiniberupa media pembelajaran remedial denganaplikasimobile learning.Berdasarkanhasilvalidasiahlidanpengguna media tersebutdata dikategorikanbaik.Hasilimplementasimenunjukkanbahwapenggunaan media pembelajaran remedial denganaplikasimobile learning menunjukkanpeningkatan(N-Gain) prestasibelajarsiswasebesar 0.65.Dengandemikian secaraumumprodukpengembangandapatmembantumeningkatkanprestasibelajarsiswakelas X SMA khususnyapadamaterisuhudankalor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18639

Actions (login required)

View Item View Item