Mahesta, Resa (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) berbasis praktikum untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIA 6 SMA Negeri 9 Malang / Resa Mahesta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mahesta Resa. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik X MIA 6 SMAN 9 Malang. Skripsi. Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Haryoto M.Pd (II) Drs. Sutarman M.Pd. Kata Kunci STAD praktikum aktivitas hasil belajar SMAN 9 Malang sebagai salah satu sekolah yang telah melaksanakan Kurikulum 2013 selama 3 (tiga) semester secara otomatis tetap mengimplementasikan Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran. Hasil belajar peserta didik aspek kognitif di kelas tersebut diketahui bahwa dari 24 peserta didik dengan kriteria ketuntasan 75 hanya 4 17% yang tuntas dan sisanya 95 83% tidak tuntas dengan rata-rata nilai 56 25. Hasil belajar peserta didik aspek psikomotor rendah karena jarang sekali dilakukan praktikum pada proses pembelajaran. Hasil belajar afektif hanya dilihat berdasarkan baik atau tidaknya sikap peserta didik dalam kelas jadi bukan mengacu pada proses pembelajaran di kelas. Aktivitas peserta didik rendah pada 7 indikator aktivitas yang diamati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis praktikum (2) peningkatan kemampuan aktivitas belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis praktikum (3) peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIA 6 SMAN 9 Malang dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis praktikum. Penelitian yang diterapkan dalam pembelajaran ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis praktikum. Prosedur dan langkah-langkah dalam penelitian ini mengikuti prinsip dasar penelitian tindakan kelas yaitu menggunakan prosedur kerja yang bersifat siklus meliputi tahapan-tahapan perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi yang diikuti dengan perencanaan ulang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus karena telah memenuhi kriteria keberhasilan PTK yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan antara lain keterlaksanaan model pembelajaran STAD berbasis praktikum yang diterapkan sudah terlaksana dengan baik antara lain penyajian kelas oleh guru kerja kelompok berbasis praktikum kuis cepat untuk mengetahui pemahaman peserta didik dan penghargaan kelompok. pada siklus I yaitu 83 13% menjadi 90 00% pada siklus II. Peningkatan aktivitas peserta didik terjadi pada 7 indikator yang meliputi visual activities oral activities listening activities writing activities motor activities mental activities dan emosional activities terdapat peningkatan rata-rata aktivitas belajar fisika siklus I yaitu 74 40 menjadi pada siklus II yaitu 84 35. Terjadi peningkatan hasil belajar fisika peserta didik pada semua aspek yaitu pada aspek kognitif afektif dan psikomotor. i
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18637 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |