Pengembangan media video pembelajaran berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) berbantuan camtasia studio pada pokok bahasan hukum-hukum Newton tentang gerak untuk kelas X SMA / Novita Uswatun Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video pembelajaran berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) berbantuan camtasia studio pada pokok bahasan hukum-hukum Newton tentang gerak untuk kelas X SMA / Novita Uswatun Khasanah

Khasanah, Novita Uswatun (2015) Pengembangan media video pembelajaran berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) berbantuan camtasia studio pada pokok bahasan hukum-hukum Newton tentang gerak untuk kelas X SMA / Novita Uswatun Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khasanah Novita Uswatun. 2015. Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT) Berbantuan Camtasia Studio pada Pokok Bahasan Hukum-Hukum Newton tentang Gerak untuk Kelas X SMA. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Widjianto M.Kom. (II) Nuril Munfaridah S.Pd. M.Pd. Kata Kunci video pembelajaran REACT Camtasia Studio hukum-hukum Newton tentang gerak Keterbatasan media pembelajaran konkret terjadi karena diperlukan waktu yang lama untuk mempersiapkannya sehingga tidak semua sekolah mampu menyediakan beragam media pembelajaran dalam jumlah yang relatif banyak. Berkaitan dengan kondisi tersebut maka perlu dilakukan pengembangan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan mendeskripsikan kelayakan media video pembelajaran berbasis Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT) pada pokok bahasan hukum-hukum Newton tentang gerak untuk siswa kelas X SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dikemukakan oleh Borg dan Gall. Penelitian yang dilakukan mengambil lima dari sepuluh langkah yang ada yaitu studi pendahuluan (research and informating collecting) perencanaan (planning) pengembangan produk awal (develop preliminary form of product) uji lapangan awal (preliminary field testing) dan revisi produk (main product revision). Jenis produk yang dihasilkan adalah video pembelajaran berbasis model pembelajaran REACT. Pengembangan produk ini berbantuan software Camtasia Studio PowerPoint iSpring dan AutoPlay Media Studio. Kevalidan media diukur dengan menggunakan uji kevalidan oleh validator yaitu dua orang guru Fisika SMA yang sebelumnya telah dikonsultasikan kepada dosen Fisika. Hasil analisis data diperoleh skor rata-rata keseluruhan media video pembelajaran ini sebesar 3 52. Hasil uji kevalidan tersebut dapat diketahui bahwa media video pembelajaran ini valid digunakan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18636

Actions (login required)

View Item View Item