Pengaruh model discovery learning terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Kandangan / Elmi Fatkhiyati Rosidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model discovery learning terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Kandangan / Elmi Fatkhiyati Rosidah

Rosidah, Elmi Fatkhiyati (2015) Pengaruh model discovery learning terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Kandangan / Elmi Fatkhiyati Rosidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosidah Elmi Fatkhiyati. 2015. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Kandangan. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Bambang Tahan Sungkowo M.Pd (II) Dr. Muhardjito M.S. Kata Kunci discovery learning pembelajaran konvensional prestasi belajar Belajar fisika melibatkan faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan salah satunya adalah pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Berdasarkan hasil pengamatan di SMAN 1 Kandangan khususnya kelas X MIA diketahui bahwa siswa masih menghafal dalam mengerjakan soal. Selain itu siswa jarang melakukan praktikum sehingga media pembelajaran kurang dimanfaatkan. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar fisika siswa tidak dimanfaatkan secara maksimal. Transfer ilmu yang didominasi oleh guru kepada siswa menunjukkan bahwa siswa tidak aktif dalam membentuk konsep karena siswa tidak memiliki pengalaman secara langsung untuk menemukan suatu konsep. Oleh karena itu diperlukan suatu pembelajaran yang memberikan siswa kesempatan untuk memperoleh pengetahuannya dengan cara menemukan sendiri konsep yang dipelajarinya. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah prestasi belajar fisika siswa kelas X MIA SMAN 1 Kandangan yang dibelajarkan dengan discovery learning lebih tinggi daripada yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasy experimental). Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Dengan menggunakan jenis sampel yaitu purposive sampling kelas eksperimen (X MIA 2) menggunakan model discovery learning dan kelas kontrol (X MIA 4) menggunakan pembelajaran konvensional pada materi suhu dan kalor. Prestasi belajar fisika siswa diukur menggunakan soal posttest pilihan ganda yang telah diujicoba melalui uji validitas daya pembeda tingkat kesukaran dan reliabilitas butir soal. Setelah itu data dianalisis menggunakan uji-t yang telah memenuhi uji prasyarat melalui uji normalitas dan homogenitas varian. Berdasarkan deskripsi dan analisis data diperoleh nilai rata-rata posttest siswa yang dibelajarkan menggunakan discovery learning adalah 2 478 sedangkan nilai rata-rata posttest siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional adalah 2 061. Pada akhirnya berdasarkan uji hipotesis melalui uji-t diperoleh thitung 4 9763 1 9977 (t67 .05) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan model discovery learning lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18635

Actions (login required)

View Item View Item